Kisah Pulau Di Karibia Yang Punya Batu Bergambar Wajah

No comment 47 views

Berikut artikel Kisah Pulau di Karibia yang Punya Batu Bergambar Wajah, Semoga bermanfaat

Trois Rivieres – Pulau Basse Terre di Kepulauan Karibia menyimpan sebuah keunikan. Di sana, traveler dapat menemukan sejumlah batu yg memiliki gambar wajah. Kok bisa?

Bagi traveler yg belum tahu, Pulau Basse Terre yaitu sesuatu dari beberapa pulau yg yaitu bagian dari Guadeloupe di Karibia. Guadeloupe sendiri yaitu salah sesuatu daerah Prancis yg berada di seberang laut.

Diberkahi dengan alam indah hingga hutan hujan tropis, Basse Terre juga menyimpan kekayaan budaya berupa batu-batu alam dengan gambar wajah di permukaannya. Tak sedikit traveler yg dibuat bertanya-tanya.

Dilansir detikTravel dari BBC, Kamis (23/3/2017), ternyata batu-batu tidak biasa itu menjadi bukti peninggalan sejarah oleh para penghuni asli pulau tersebut dahulu.

Batu-batuan itu berada di hutan hujan tropis Pulau Basse Terre (Melissa Banigan/BBC)Batu-batuan itu berada di hutan hujan tropis Pulau Basse Terre (Melissa Banigan/BBC)

Sekitar 1000 tahun silam, sejarahnya pulau itu dihuni oleh orang-orang Arawak yg menamakan dirinya sebagai Igneri. Diperkirakan mereka adalah suku dari Venezuela yg menyeberang ke Karibia dan Samudera Atlantik. Dimnana sebagian sempat tiba dan tinggal ke Pulau Basse Terre.

Menurut para ahli, Igneri yaitu suku yg masih menganut paham spiritual seperti animisme. Mereka menganggap, kalau sungai, batu hingga petir memiliki sebuah roh.

Sebagai bentuk penghormatan, Suku Igneri pun memberi semacam identitas berupa pahatan pada sejumlah batu dan objek alam lainnya. Yang paling banyak ditemui adalah pada media batu (petroglyphs) yg tersebar di Pulau Basse Terre. Batu-batuan itu pun pertama kali ditemukan oleh para peneliti pada tahun 1995.

Batu bergambar wajah yg menjadi peninggalan animisme (Melissa Banigan/BBC)Batu bergambar wajah yg menjadi peninggalan animisme (Melissa Banigan/BBC)

Sejumlah batu tersebut umumnya memiliki pahatan berupa gambar abstrak. Da juga teori yg mengatakan, kalau batu tersebut menjadi lokasi dari sebuah ritual kelahiran.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, perlahan jumlah Suku Igneri di pulau itu menurun dahsyat akibat penyakit samllpox dan genosida yg dikerjakan oleh para penjajah. Menyisakan cuma sedikit penduduk asli. (rdy/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/23/094008/3454534/1520/kisah-pulau-di-karibia-yang-punya-batu-bergambar-wajah
Terima kasih sudah membaca berita Kisah Pulau di Karibia yang Punya Batu Bergambar Wajah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kisah Pulau Di Karibia Yang Punya Batu Bergambar Wajah"