Kisah Pilu Si Cantik Pulau Menjangan Bali

No comment 128 views

Berikut artikel Kisah Pilu Si Cantik Pulau Menjangan Bali, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Cantiknya bawah laut Menjangan memang telah diakui oleh dunia. Tapi siapa sangka, kondisi daratannya justru menyedihkan karena dipenuhi sampah.

Pulau Menjangan yg berada di Taman Nasional Bali Barat, yaitu tempat yg tersohor dengan keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yg sehat dan berwarna-warni serta banyaknya ikan-ikan cantik disana membuat tempat ini menjadi tujuan banyak wisatawan khususnya buat yg ingin diving atau snorkeling.

Tak lengkap rasanya seandainya mengunjungi bawah laut pulau ini tanpa menginjakkan kaki di daratan pulaunya. Nama pulau menjangan sendiri diberikan karena di pulau ini terdapat menjangan atau yg lebih dikenal dengan nama rusa.

Jika beruntung kalian bisa menemui menjangan-menjangan yg berkeliaran mencari makan bersama kumpulannya. Namun, jangan khawatir meski liar menjangan tersebut tak membahayakan buat manusia. Mereka justru mulai pergi seandainya ada manusia yg dirasa mengganggu kenyamanannya.

Namun, sayangnya keadaaan daratan pulau menjangan tak seindah bawah lautnya. Jika dibawah laut terumbu karang serta ikan-ikannya masih terjaga dengan baik, di daratan sampah-sampah justru bertebaran dimana-mana.

Mungkin disekitar dermaga, pulau ini masih kelihatan cukup bersih namun, ketika berjalan menjauh dari dermaga justru kelihatan tumpukan sampah yg entah sengaja atau tak begitu banyak ada disana. Sampah bambu-bambu, botol minuman, bungkus makanan itu menutupi indahnya pasir putih yg ada di pulau menjangan.

Keberadaan pulau menjangan atau menjangan island memang ditengah-tengah laut dan jauh dari daratan luas. Letaknya kurang lebih 5 mil barat laut dari pulau Bali, namun hal ini seharusnya tak dijadikan alasan buat membiarkan sampah-sampah tersebut bertebaran menutupi keindahan daratan pulau menjangan.

Pengelolaan yg kurang baik menjadi salah sesuatu penyebab terjadinya hal ini. Seharusnya setiap pengunjung kesana diwajibkan membawa kembali sampah yg mereka bawa dan menyediakan kapal pengangkut sampah juga mampu menjadi solusi bagi mengurangi sampah. Karena dengan pengelolaan yg tepat daratan pulau menjangan mampu tidak kalah indah dengan bawah lautnya. Spot-spot cantik bagi selfi tentu juga jadi lebih banyak.

Perpaduan hijaunya rumput-rumput liar, pohon-pohon yg masih cukup rimbun, serta putihnya pasir dan birunya laut pulau menjangan yaitu paket lengkap buat menarik wisatawan domestik ataupun mancanegara tiba kesini bukan.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/01/112700/3402155/1025/kisah-pilu-si-cantik-pulau-menjangan-bali
Terima kasih sudah membaca berita Kisah Pilu Si Cantik Pulau Menjangan Bali. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kisah Pilu Si Cantik Pulau Menjangan Bali"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.