Kisah Lubang Setan Di Eropa

No comment 100 views

Berikut artikel Kisah Lubang Setan di Eropa, Semoga bermanfaat

Jersey – Di antara Inggris dan Prancis, terdapat Pulau Jersey. Belum banyak traveler yg tahu, di sini ada Devil’s Hole yg artinya Lubang Setan!

Nama Pulau Jersey pasti masih asing di telinga kamu. Inilah pulau di wilayah Kepulauan Channel, yg berada di tengah-tengah lautan antara Inggris dan Prancis. Kepulauan yg dihuni sekitar 80 ribu orang ini tak tergabung dalam Uni Eropa dan masih yaitu Bailiwick. Semacam masih di bawah administratif Inggris tetapi tak masuk wilayah teritorialnya.

Untuk mencapai Pulau Jersey mampu naik kapal feri dari Inggris maupun Prancis. Dari Inggris berangkatnya di Poole dan Portsmouth, sedangkan dari Prancis via Saint Malo dan Granville. Lamanya naik kapal feri, kira-kira 2 jam.

Devil’s Hole yaitu salah sesuatu destinasi yg bikin turis penasaran di Pulau Jersey. Sejak tahun 2006, suatu organisasi yg dibuat penduduk setempat bernama National Trust menyulap kawasannya menjadi tempat wisata, tanpa merusak keasliannya.

Devil’s Hole, lubang yg aslinya kawah di dalam gua (Thinkstock)

Ditengok dari situs resmi National Trust, Selasa (6/9/2016) nama Devil’s Hole telah ada sejak abad ke-19. Sebenarnya, lubang itu adalah suatu kawah dengan ukuran besar yg ada di dalam gua di pinggir tebing. Jika dilihat dari luar, cuma kelihatan lubang saja di tanahnya. Para ahli menilai, kawahnya terjadi akibat pengikisan air laut yg alirannya airnya menyambung ke dalam tua. Prosesnya memakan waktu ribuan tahun.

Diameter lubangnya mencapai 30 meter dengan kedalaman sekitar 60 meter. Jika diperhatikan, lokasinya seolah tersembunyi dengan berada di pinggir tebing dan dikelilingi perbukitan.

Sejarah penamaan Devil’s Hole terjadi di tahun 1850. Masyarakat setempat di zaman dulu, seringkali mendengar suara-suara aneh dari dalam lubangnya, yg sebenarnya itu hanyalah suara air laut yg surut dan pasang.

Devil’s Hole ketika permukaan air laut naik (nationaltrust.je)

Kemudian dua tahun kemudian, ditemukan sisa-sisa kapal karam dari dalam kawahnya. Pertanyaan muncul, bagaimana mampu kapal yg begitu besar karam dan terseret ke dalam lubangnya?

Masyarakat setempat percaya, itu adalah ulah dari setan. Seorang pengrajin kayu lantas membuat patung berwujud setan, dengan tampang seram dan tanduk di kepalanya. Dia meletakan di sana, buat dijadikan peringatan.

Sejak itulah, lubangnya diberi nama Devil’s Hole alias Lubang Setan. Masyarakat Pulau Jersey menutup akses jalan ke sana dan melarang orang bagi datang. Tapi lambat laun, setelah dijelaskan kalau lubang itu hanyalah kawah dan terhubung dnegan laut, akhirnya masyarakat setempat membuka lagi akses jalan ke sana.

Tempat turis melihat Devil’s Hole (nationaltrust.je)

Namun nama Devil’s Hole telah kadung melekat. National Trust sebagai penanggung jawab kawasan tersebut, tetap memakai namanya dan menjadikannya sebagai destinasi wisata. Tangga-tangga dibangun di sekitar tebing, agar membuat turis aman.

Papan keterangan pun ditambahkan, terutama mengenai sejarah Devil’s Hole ini. Pemandangan dari sana sebenarnya cantik, mampu melihat lubangnya yg sering airnya mulai meluap keluar ketika laut pasang. Pemandangan lautan dari atas tebingnya juga ciamik.

Satu lagi, jangan kaget melihat patung setan yg masih ada di sana ya!

Patung setan di Devil’s Hole! (nationaltrust.je)

(fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/06/125500/3292075/1520/kisah-lubang-setan-di-eropa
Terima kasih sudah membaca berita Kisah Lubang Setan di Eropa. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kisah Lubang Setan Di Eropa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.