Kicau Sedih Jalak Bali, Burung Fantastis Yang Hampir Punah

Buleleng – Jalak Bali yaitu burung endemik Bali yg terancam punah. Namun Anda mampu melihatnya di Teluk Brumbun yg masuk Taman Nasional Bali Barat.

Sudah pernah mendengar nama Teluk Brumbun sebelumnya? Bisa dipastikan nama ini cukup asing untuk para traveler. Teluk Brumbun yaitu salah sesuatu resor yg terdapat di Taman Nasional Bali Barat dan masuk Kabupaten Buleleng dan Jembrana.

Resor ini terletak cukup tersembunyi dari kantor Balai Taman Nasional Bali Barat. Dihimpun detikTravel, Kamis (26/5/2016), perjalanan menuju tempat ini bisa ditempuh melalui perjalanan laut maupun darat.

Perjalanan laut mampu ditempuh selama kurang lebih 45 menit, menyeberang dari Dermaga Labuhan Lalang dengan memakai kapal penduduk. Sementara perjalanan darat menempuh waktu lebih lama, dengan medan yg cukup berat buat dilalui.

Teluk Brumbun yaitu salah sesuatu area konservasi di Bali (Wahyu/detikTravel)

Resor ini menjadi surga buat burung Jalak Bali (Leucopsar rotschildii) yg habitat aslinya akan terancam. Seperti kami ketahui, burung Jalak Bali yaitu satwa endemik yg cuma terdapat di Bali.

Status konservasi burung ini sendiri termasuk dalam daftar merah IUCN yg berarti terancam punah dan masuk dalam Appendix I CITES yg berarti dilarang buat diperjual-belikan. Jalak Bali ditangkarkan dalam kandang berupa kubah raksasa yg terbuat dari anyaman kawat besi.

Burung yg hampir punah ini ada di Teluk Brumbun (ACI)
Savana di Teluk Brumbun (Wahyu/detikTravel)

Selain bisa melihat burung Jalak Bali segera di penangkaran, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam berupa pantai yg masih asli. Traveler juga dapat trekking berkeliling savana yg terhampar di atas bukit karang di sebelah kanan dan kiri resor Teluk Brumbun.

Pengunjung bisa merasakan tidur beralaskan pasir pantai dan melihat bintang-bintang dengan mendirikan tenda di camping ground yg disediakan di tepi pantai Resort Teluk Brumbun.

Jika ingin diving atau snorkeling, traveler mampu melakukannya di Pulau Menjangan yg lokasinya tak jauh dari resor ini. Diving di pagi hari sangat bagus, karena daya pandang atau visibility masih sangat bagus. Air lautnya pun jernih dan gelombang air lautnya juga tenang.

Sungguh pengalaman yg unik. Jadi tunggu apalagi? Kemasi ransel Anda dan lihatlah burung Jalak Bali yg hampir punah di Teluk Brumbun. (rdy/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/161000/3218568/1519/kicau-sedih-jalak-bali-burung-fantastis-yang-hampir-punah
Terima kasih sudah membaca berita Kicau Sedih Jalak Bali, Burung Fantastis yang Hampir punah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kicau Sedih Jalak Bali, Burung Fantastis Yang Hampir Punah"