Ketoprak Kuburan, Nama Horor Tetapi Rasa Jempolan

No comment 118 views

Berikut artikel Ketoprak Kuburan, Nama Horor tetapi Rasa Jempolan, Semoga bermanfaat

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini, menu ketoprak akan mudah ditemukan di Yogyakarta. Dari dua tempat yg menjual makanan dengan siraman bumbu kacang tersebut, Ketoprak Kuburan adalah salah sesuatu yg paling terkenal.

Berada di emperan toko AC Daikin yg terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Yogyakarta, atau selatan Pasar Klitikan Yogya, Ketoprak Kuburan sudah hadir sejak 2012 yg lalu.

Arief Prastowo selaku pemilik Ketoprak Kuburan menyampaikan awalnya dia membuka warung di depan kuburan Kuncen sehingga warung ketopraknya diberi nama Ketoprak Kuburan.

Selain memiliki usaha warung ketoprak, Arief adalah seorang anggota polisi yg bertugas di Polda DIY.

“Awal aku mampu jualan ketoprak karena dahulu tidak jarang makan ketoprak keliling dan ternyata enak. Terlebih ketika itu belum banyak penjual ketoprak di Yogyakarta,” ujar Arif.

Seporsi ketoprak racikannya ini berisikan bihun, lontong, taoge, tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang, kecap, serta taburan bawang goreng, dan disajikan dengan tambahan kerupuk.

(Baca juga: 5 Tempat “Selfie” Keren di Yogya ala Take Me Anywhere 2)

Salah sesuatu yg membuat ketoprak ini spesial adalah pembeli mampu minta jumlah cabai dalam setiap porsinya.

Ketoprak ini memiliki cita rasa yg gurih dari bumbu kacangnya yg begitu lembut berpadu dengan pedas yg menggigit. Lontongnya pun juga tak kalah lembut karena dibuat sendiri dengan beras berkualitas.

“Meski memakan waktu yg lama, lontong aku bagi sendiri agar teksturnya benar-benar baik,” lanjut Arif.

Tidak cuma namanya yg unik, cara berjualan Ketoprak Kuburan juga unik, yakni memakai VW Kombi lawas keluaran tahun 1973.

Setiap harinya Ketoprak Kuburan melayani pelanggannya dari pukul 18.00 hingga pukul 23.00. Namun, tidak jarang kali sebelum pukul 23.00, ketoprak ini sudah ludes oleh pembeli. Jadi sebaiknya jangan tiba terlalu malam buat memastikan Anda tak kehabisan.

Harga seporsi ketoprak lengkap (dengan telur) cuma Rp 12.000, sedangkan ketoprak tanpa telur Rp 10.000. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/29/131700127/ketoprak.kuburan.nama.horor.tetapi.rasa.jempolan
Terima kasih sudah membaca berita Ketoprak Kuburan, Nama Horor tetapi Rasa Jempolan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ketoprak Kuburan, Nama Horor Tetapi Rasa Jempolan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.