Ketika Bule Berlenggok Dengan Batik Dalam “Wonderful Indonesia” Di Laos

Berikut artikel Ketika Bule Berlenggok dengan Batik dalam “Wonderful Indonesia” di Laos, Semoga bermanfaat

VIENTIANE, KOMPAS.com — Batik sebagai ikon populer Indonesia juga tampil pada panggung Wonderful Indonesia di Laos, di Vientiane Center, Sabtu (28/5/2016).

Saat peragaan busana, sesuatu di antara model yg tampil adalah Kayla, seorang perempuan Amerika yg menetap di Vientiane, Laos.

“Bisa bahasa Indonesia sedikit. Pernah ke Jakarta, Yogyakarta,” ujarnya seraya mengagumi juga batik hijau yg ia kenakan ketika peragaan.

Kehadiran warga negara Barat dalam pameran yg berlangsung pada 27-29 Mei ini dapat dikatakan tak sedikit. Ada saja yg tiba menghampiri panitia Wonderful Indonesia dan segera berbahasa Indonesia. Tidak sedikit pula yg tiba telah mengenakan batik.

“Batik adalah teknik memisahkan warna. Tekniknya ada di mana-mana. Namun, seni batik cuma ada di Indonesia,” ujar Ngesti Inggarnasih dari Enggar Collection.

Sebelumnya, Ngesti telah memberikan penjelasan sebelum peragaan busana batik yg diiringi lagu-lagu pop bertema Indonesia itu dimulai.

“Ini batik parang, diciptakan oleh raja Jawa Tengah,  Pakubuwono I, sebagai pembawa semangat berjuang. Yang mengenakan ini diharapkan merasa ada kekuatan. Biasanya digunakan pada ketika penobatan raja-raja,” ujar Ngesti memberi penjelasan di depan layar sebelah panggung.

“Setiap orangtua yg menuntun anak mereka ke pelaminan biasanya menggunakan batik truntum supaya mampu menuntun anak mereka dengan baik. Ya, segala tipe batik ada maknanya,” ujarnya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/05/29/064325227/ketika.bule.berlenggok.dengan.batik.dalam.wonderful.indonesia.di.laos
Terima kasih sudah membaca berita Ketika Bule Berlenggok dengan Batik dalam “Wonderful Indonesia” di Laos. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ketika Bule Berlenggok Dengan Batik Dalam “Wonderful Indonesia” Di Laos"