Kerajinan Seni Uang Kepeng Dipamerkan Di Pesta Kesenian Bali

No comment 105 views

Berikut artikel Kerajinan Seni Uang Kepeng Dipamerkan di Pesta Kesenian Bali , Semoga bermanfaat

DENPASAR, KOMPAS. com – Kerajinan uang kepeng atau logam tipis berbentuk bundar dengan lubang di tengah menjadi daya tarik di arena pameran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 di Taman Budaya atau Art Center Denpasar. Salah satunya adalah stan pameran punya Kamasan Bali.

I Gede Andhika Prayatna Sukma yg yaitu pemilik Kamasan Bali mengatakan bahwa uang kepeng atau umat Hindu di Bali menyebutnya Jinah Upakara Yadnya yg menjadi bahan karya seni ini mengandung Panca Datu atau lima kekuatan hidup yg dipengaruhi oleh kekuatan Panca Dewata.

“Bahannya ini Panca Datu. Kalau orang Bali bilang, bahan campuran yg terdiri dari lima campuran logam merupakan besi, perak, tembaga, emas dan perunggu,” kata I Gede Andhika Prayatna Sukma, di Denpasar, Kamis (16/6/2016).

Gede juga mengatakan bahwa hasil karya uang kepeng produksinya terdiri dari beberapa desain merupakan motif Panca Aksara merupakan motif lima huruf suci (Hindu) dan motif teratai atau padma yg melambangkan sembilan arah mata angin.

“Kami memasarkan di hotel-hotel dan juga masyarakat. Banyak juga wisatawan asing yg segera tiba membeli kerajinan kami. Wisatawan khususnya asing tiba segera karena ingin melihat proses pembuatannya. Itu menjadi nilai lebih,” ujarnya.

Karya seni produksi Kamasan Bali ini berupa uang kepeng yg digunakan buat upacara keagamaan dibuat dalam bentuk hiasan gelang dan kalung serta anting.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Berbagai karya seni dari uang kepeng produksi Kamasan Bali dipamerkan di Pesta Kesenian Bali (PKB), Kamis (16/6/2016). PKB ke-38 ini berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center, Bali.

Uang kepeng tersebut juga dapat dirangkai yg menghasilkan karya seni berupa hiasan dengan bentuk seperti Salang, Lamak, Tamiang, Cilli, Pabuan, Daksina Linggih, Kukusan, Jukung.

Selain itu karya seni uang kepeng ini bisa berupa aneka patung serta kreasi seni lainnya yg banyak digunakan sebagai hiasan di Pura dan juga banyak dipesan bagi hiasan atau ornamen di hotel-hotel.

Harga dari karya seni ini cukup variatif dari harga seribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Selama acara Pesta Kesenian Bali, tanggal 11 Juni hingga 9 Juli 2016, Andhika tetap optimistis penjualan kreasi seni dari uang kepeng itu bakal laku keras dan dicari wisatawan.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/16/120900027/Kerajinan.Seni.Uang.Kepeng.Dipamerkan.di.Pesta.Kesenian.Bali.
Terima kasih sudah membaca berita Kerajinan Seni Uang Kepeng Dipamerkan di Pesta Kesenian Bali . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kerajinan Seni Uang Kepeng Dipamerkan Di Pesta Kesenian Bali"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.