Kenapa Bengkulu Disebut Bumi Rafflesia?

No comment 122 views

Berikut artikel Kenapa Bengkulu Disebut Bumi Rafflesia?, Semoga bermanfaat

Bengkulu – Jangan pandang Bengkulu sebelah mata. Di sana ada keajaiban Indonesia yg tak ada di tempat lain. Bunga yg disebut terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii!

Rafflesia arnoldii (padma raksasa) yaitu salah sesuatu spesies tumbuhan yg unik. Ini juga yg memberikan julukan Bumi Rafflesia bagi Bengkulu. Sekaligus, yaitu salah sesuatu keajaiban alam Indonesia yg mencuri perhatian.

Dari situs WWF Indonesia yg ditengok detikTravel, Kamis (15/12/2016) Bunga Raflesia adalah identitas Provinsi Bengkulu dan sebagai salah sesuatu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia mendampingi puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac) dan puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis). Hal itu berdasarkan Kepres No 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yg bekerja pada Dr Joseph Arnold yg sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles. Maka dari itu, nama Rafflesia arnoldii yaitu gabungan dari nama beberapa orang tersebut.

Bunga ini mengeluarkan bau yg tidak sedap (Merza Gamal/detikTravel)Bunga ini mengeluarkan bau yg tidak sedap (Merza Gamal/detikTravel)

Rafflesia arnoldii adalah genus tumbuhan bunga parasit. Raflesia Arnoldi tak memiliki batang, daun ataupun akar yg sesungguhnya, dan yaitu endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yg mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yg bisa dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Diameter bunganya lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga 10 kg.

Rafflesia arnoldii sebenarnya tersebar di hutan tropis dari Sumatera sampai bagian barat Pulau Jawa. Kabarnya Bengkulu milik 4 macam Rafflesia, dengan Rafflesia arnoldii yaitu macam yg terbesar di dunia dengan diameter 70-110 centimeter.

Rafflesia Arnoldii yg banyak ditemui di Bengkulu (Afif/detikTravel)Rafflesia Arnoldii yg banyak ditemui di Bengkulu (Afif/detikTravel)

Di Bengkulu, wisatawan bisa melihat Rafflesia arnoldii di di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), pusat pelatihan gajah (PLG), Konservasi flora Rafflesia arnoldii di kawasan Kepahiang dan Padang Guci Kabupaten Kaur. Upaya konservasi habitat yg dikerjakan WWF Indonesia sendiri ada di TNBBS.

Tapi ingat, ada waktu-waktu tertentu Rafflesia arnoldii mulai tumbuh dan bermekaran dengan sempurna. Ada baiknya, kamu tanya dahulu pihak taman nasional atau masyarakat yg menetap di Bengkulu terkait waktu mekarnya. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/15/092048/3371690/1519/kenapa-bengkulu-disebut-bumi-rafflesia
Terima kasih sudah membaca berita Kenapa Bengkulu Disebut Bumi Rafflesia?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kenapa Bengkulu Disebut Bumi Rafflesia?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.