Kembaran Ranu Kumbolo Di Dieng

No comment 103 views

Berikut artikel Kembaran Ranu Kumbolo di Dieng, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Dataran Tinggi Dieng yaitu daerah yg menyimpan sejuta pesona wisata. Ada Telaga Dringo yg disebut seperti Ranu Kumbolo di Semeru.

Dataran Tinggi Dieng yaitu daerah yg menyimpan sejuta pesona wisata. Kawasan yg masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo ini telah cukup terkenal di kalangan para traveler. Deretan gunung, telaga, bukit ataupun kompleks candi seakan memanjakan mata dan hati kalangan penikmat plesiran. Terlebih tempat yg berhawa dingin ini memang menawarkan banyak petualangan, seolah memaksa para traveler buat kembali lagi ke Dataran Tinggi Dieng.

Perjalanan kali ini aku menuju Telaga Dringo, sebuah kawasan yg sedang ramai menjadi bahan perbincangan di kalangan pengguna media sosial. Dengan memakai mobil aku beserta rekan aku menembus perjalanan berkabut, dingin dan membeku dari Wonosobo menuju Dataran Tinggi Dieng. Ketika itu memasuki musim kemarau, dan suhu di sini kurang lebih 5 derajat Celcius. Sengaja kalian berangkat menjelang subuh karena kalian mengejar matahari terbit di Telaga Dringo.

Perjalanan kita arahkan menuju kawasan Kawah Candradimuka dan tidak disangka ternyata jalur menuju Kawah Candradimuka ini mengalami kerusakan yg cukup parah, rusaknya aspal di dua titik menjadikan perjalanan kita sedikit terhambat – PEMDA setempat perlu kiranya memperhatikan hal ini dan diharapkan langsung memperbaiki jalur ini.

Jalur menuju telaga yaitu perpanjangan dari kawasan Kawah Candradimuka ini. Kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil dapat sampai ke pinggir Telaga Dringo, cuma saja perlu berhati-hati dalam mengendarainya karena jalan yg rusak parah; tak mampu dibayangkan jika musim penghujan datang. Sudah pasti mulai mempersulit dan dibutuhkan kecakapan mengemudi bagi sampai ke tempat ini.

Minimnya papan petunjuk arah di jalur menuju Telaga Dringo, sangat menyulitkan buat traveler yg baru pertama kali berkunjung ke tempat ini – seperti saya. Jangankan mengandalkan aplikasi petunjuk arah di telepon pintar, sinyal telepon seluler saja nihil di sini. Alhasil aku tersasar dengan sukses.

Untuk para traveler yg menyukai wisata yg tak biasa – menantang adrenalin dan suka petualangan, Telaga Dringo sangat aku rekomendasikan. Keindahan telaga di pagi hari, hawa yg dingin dan hangatnya sinar mentari pagi dipadukan dengan secangkir kopi mulai terasa nikmat.

Langit biru yg cerah berpadu dengan warna orange merekah benar-benar membuai alam bawah sadar buat bersekutu dengan alam. Satu lagi destinasi wisata yg belum sekalipun pernah aku datangi akhirnya sampai juga. Indonesia itu sangat indah.

Di telaga ini ada juga ada dua traveler yg mendirikan tenda buat menikmati keindahan Telaga Dringo. Dari dua traveler yg kalian jumpai mereka menamakan Telaga Dringo ini sebagai Ranu Kumbolo KW-1. Ya, memang tempat ini seperti danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru yg terkenal itu. Pengelolaan di Telaga Dringo masih menyisakan pekerjaan rumah untuk PEMDA setempat. Minimnya petunjuk arah, fasilitas sosial dan keselamatan perlu ditambahkan. Seandainya tempat ini dikelola secara serius pasti mulai menjadi sumber devisa untuk PEMDA setempat. Atau memang tempat ini mulai dijadikan sebagai wisata alam? Tentunya tetap dengan pengelolaan yg lebih baik.

Selamat berpiknik. Jangan lupa bahagia!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/21/130500/3325825/1025/kembaran-ranu-kumbolo-di-dieng
Terima kasih sudah membaca berita Kembaran Ranu Kumbolo di Dieng. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kembaran Ranu Kumbolo Di Dieng"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.