Kelompok Pendaki Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih Di Tiga Puncak Gunung Salju Dunia

Berikut artikel Kelompok Pendaki Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih di Tiga Puncak Gunung Salju Dunia, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Tiga kelompok pendaki gunung yang berasal Indonesia mulai mengibarkan bendera merah putih di tiga pucuk gunung bersalju secara terpisah dan bersamaan tepat pada tanggal 17 Agustus 2016.
 
Tiga kelompok pendaki gunung tersebut adalah Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gajah Mada (Mapagama UGM), Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL Unsoed), dan Fit@Fifty. Mapagama UGM mulai mengibarkan bendera merah putih di Gunung Stok Kangri (India), UPL MPA Unsoed di Gunung Huascaran (Peru), dan Fit@Fifty di Gunung Elbrus (Rusia).
 
Ketua Pendakian Gunung Elbrus dari Kelompok c, Agus Radjani Pandjaitan mengatakan, terdiri dari sebelas pendaki yg sebagian besar berusia di atas 50 tahun. Menurut rencana pendakian, lanjut Djani, tim yg sebagian besar anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) itu mulai akan menyesuaikan keadaan tubuh dengan medan pendakian atau aklimatisasi akan tanggal 13 Agustus 2016.
 
Ia mengungkapkan pendakian Gunung Elbrus mulai melalui jalur selatan. “Tujuannya ya upacara bendera tertinggi buat 2016 nanti tepat 17 Agustus,” jelas Djani ketika dihubungi KompasTravel, Kamis (11/8/2016) lalu.
 
Sementara itu, tim pendaki UPL MPA Unsoed berjumlah tiga orang dan tergabung dalam Ekspedisi Soedirman VI. Ketua Ekspedisi Soedirman VI, Reza Kunarto menjelaskan, pendakian mulai dikerjakan selama tujuh hari akan tanggal 10-18 Agustus 2016.
 
Ia menyampaikan pada tanggal 10 Agustus tim melakukan awal pendakian dari Huaraz menuju Musho kemudian melaksanakan aklimatisasi dari Basecamp, Moraine Camp hingga Camp 1. Sedangkan pada tanggal 15–17 Agustus tim mulai mendaki dari Moraine Camp – Camp 1 – Camp 2 dan Summit di Puncak Selatan Huascaran.
 
Dok. UPL MPA Unsoed Tim Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL MPA Unsoed) mulai mendaki Gunung Huascaran, Peru bagi mengibarkan bendera merah putih tepat pada 17 Agustus 2016

Summit 17 agustus target jam 8-9 pagi. (Menjadi) orang Indonesia pertama ke puncak tertinggi negara Peru,” jelas Reza ketika dihubungi KompasTravel

 
Di kesempatan lain, pendakian Gunung Stok Kangri oleh empat orang anggota Mapagama UGM bertajuk UGM International Expedition III “Peak of The Ancestor” (UIE III). Ketua Ekspedisi UIE III, Muhammad Fadil Ramadhan kepada KompasTravel mengatakan, salah sesuatu misi pendakian Gunung Stok Kangri oleh Mapagama UGM adalah mengibarkan bendera merah putih di salah sesuatu atap Himalaya bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia.
 
Gunung Elbrus di Rusia tercatat sebagai salah sesuatu gunung tertinggi di dunia dan tertinggi di Benua Eropa. Gunung Elbrus berketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara, Gunung Huascaran di Peru berketinggian 6.768 mdpl dan Gunung Stok Kangri di India berketinggian 6.153 mdpl. 
 
Ketiga gunung tersebut yaitu gunung yg memiliki medan yg bersalju di puncaknya. Gunung Huascaran juga berstatus gunung dengan wilayah tropis tertinggi di dunia.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/14/170300527/Kelompok.Pendaki.Indonesia.Akan.Kibarkan.Merah.Putih.di.Tiga.Puncak.Gunung.Salju.Dunia
Terima kasih sudah membaca berita Kelompok Pendaki Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih di Tiga Puncak Gunung Salju Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kelompok Pendaki Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih Di Tiga Puncak Gunung Salju Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.