Keindahan Kupang Barat Yang Belum Banyak Orang Tahu

No comment 99 views

Berikut artikel Keindahan Kupang Barat yang Belum Banyak Orang Tahu, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Saat liburan akhir pekan, Kupang mampu jadi pilihan destinasi. Misalnya saja main ke Kupang Barat yg milik banyak pantai cantik.

Buat aku pribadi Kupang itu  natural dan eksotis. Saya pernah tinggal di sana hampir 3 tahun. Rentang waktu yg cukup panjang buat mengakrabi keindahan alam dengan seluruh keterbatasan fasilitas pada ketika itu.

Keterbatasan fasilitas termasuk hiburan memaksa aku dan teman-teman (sesama pendatang di Kota Kupang) bagi mengakrabi alam, back to nature. Memanfaatkan leisure time di ketika weekend bagi mengekplorasi alam kota Kupang dari berbagai sisi.

Dan ternyata kota ini sangat indah, seandainya kami mau mengakrabinya, seandainya kami mau memandang alam sekitar dengan penuh rasa syukur, menerima keadaan tanpa banyak mendebat kekurangan fasilitas ini dan itu.

Pada ketika itu, memotret dan menulis keindahan Kupang adalah cara bagaimana aku dapat survive saat sesuatu per sesuatu teman kembali ke Jawa. Jadi, izinkan aku mengobati kerinduan aku pada Tanah Timor dengan menceritakan kembali tempat-tempat yg eksotik di Kupang.

Pantai Tablolong

Berada di barat Kota Kupang mampu ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil atau motor. Tidak ada kendaraan umum buat sampai ke pantai ini. Biasanya aku memilih melewati jalur Tenau, karena kebetulan pada ketika itu aku stay di Tenau.

Tenau ini yaitu wilayah pelabuhan di Kota Kupang. Dari Tenau sampai ke Pantai Tablolong jalan telah beraspal, namun di dua bagian biasanya mulai menemukan jalan aspal yg telah akan rusak, semoga kondisinya semakin baik sekarang.

Untuk sampai ke Pantai Tablolong mulai melewati daerah Oenesu, salah sesuatu kawasan wisata yg cukup terkenal di Kupang dengan air terjun bertingkatnya. Selepas Oenesu mulai melewati kawasan hutan Kayu Putih, seandainya musim kemarau datang suasanya mulai sangat magis dan eksotis.

Di sepanjang jalan kelihatan pohon kayu putih yg meranggas. Pantai Tablolong berada di ujung jalan beraspal ini. Ada pintu masuk semacam gapura sebagai penanda. Begitu melewati gapura mulai melewati jalan setapak kecil bagi menyisiri pantai sampai di depan kantor Karantina Ikan.

Biasanya di tempat itu pengunjung memarkir mobil atau motornya, kemudia melakukan explore pantai. Garis pantainya sangat panjang dengan ombak yg tenang dan pasir putih yg menawan. Gradasi warnanya sempurna.

Cocok sekali buat berenang. Serasa memiliki kolam renang pribadi yg maha luas. Ada dua lopo-lopo (tempat duduk dengan atap) namun lokasinya agak menjauh dari lokasi ini. Biasanya aku mulai berangkat pagi-pagi dari Kupang agar sampai sana masih teduh.

Untuk makanan dan minuman aku membawa sendiri dari Kupang karena jarang sekali menemukan orang berjualan di pantai ini. Menurut saya, Tablolong adalah hidden paradise nya Kupang mengingat lokasinya memang agak menjauh dari kota Kupang.

Sayang sampai ketika aku berada di sana belum dikembangkan secara maksimal. Semoga ada travel agent yg mau menggarap potensi wisata di Kupang dengan lebih serius termasuk potensi Pantai Tablolong ini. Semisal mempunyai program ‘One Day Trip Explore West Kupang’ dengan kegiatan explorasi pantai di Kupang Barat akan dari Tablolong, Air Cina dan Batulesa.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/01/135500/3301914/1025/keindahan-kupang-barat-yang-belum-banyak-orang-tahu
Terima kasih sudah membaca berita Keindahan Kupang Barat yang Belum Banyak Orang Tahu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Keindahan Kupang Barat Yang Belum Banyak Orang Tahu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.