Kedung Tumpang, ‘Jacuzzi’ Alam Dari Tulungagung

No comment 77 views

Berikut artikel Kedung Tumpang, ‘Jacuzzi’ Alam dari Tulungagung, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal bagi berendam di jacuzzi. Di Tulungagung ada ‘jacuzzi’ alam yg dapat dinikmati secara murah.

Garis pantainya tidak terlalu panjang, tidak ada tempat di mana kami dapat bermain pasir dengan leluasa. Tebing berbatu segera bertemu dengan air laut berwarna biru bergradasi menjadi hijau tosca sangat bergelombang yg seakan tidak pernah lelah menghantam bibir bebatuan tebing, khas laut selatan.

Tak cuma ombak yg terus bergelombang, namun gelombang juga tiba dari para pengunjung yg datang. Hilir mudik dan silih berganti berdatangan. Begitupun juga aku dan 4 orang saudaraku Fita, Ferdi, Firda dan Lia. Mereka tampak menikmati seluruh sajian khas dan mungkin sesuatu satunya di Jawa bagian timur ini.

‘Kolam barat dan Kolam timur’, begitulah tulisan di plang yg menancap di salah sesuatu bebatuan kokoh. Saya langkahkan kaki menuju kolam timur yg nampaknya lebih dekat dari tempat berdiri ketika ini.

Tak seberapa jauh jalanan, berhenti pada ujungnya dan bertemu dengan ganas ombak laut selatan. Memandang ke depan terdapat dua tebing yg nampak hancur terkena hantaman ombak setelah sekian lama.

Hancur bukan berarti rusak, namun dari kehancuran bebatuan itu munculah dua cekungan yg terisi air laut dan menjadikan kolam kolam alami. Masyarakat sekitar menyebutnya ‘Kedung’ yg berarti kolam dan ‘Tumpang’ yg berarti bersusun atau sebagai tempat wadah air.

Sejatinya dari foto yg beredar ada dua orang yg sedang asyik berenang di dalam kedung tumpang yg berwarna kehijau-hijauan dan dipotret dari tempat aku berdiri sekarang ini.

Namun sayang, karena ombak yg masih terlalu berbahaya kedung – kedung ini masih dilarang bagi digunakan berenang. Jika masih ada yg nekat mampu dipastikan dia mulai terseret ke dalam gelombang besar yg menyapu kedung-kedung ini.

Pantai kedung tumpang akan berbenah buat menjadi kawasan wisata tujuan penting di Kabupaten Tulungagung walaupun sampai ketika ini masih dikelola swadaya oleh tangan masyarakat setempat.

Dahulu kami harus berjalan kurang lebih 1 jam bagi datang di bibir pantai, kini cuma cukup 15 menit. Sarana dan prasarana akan dari tempat parkir, warung, toilet dan dua gubuk buat istirahat kini telah gampang buat kalian temui.

Dari atas sekilas kedung ini nampak kecil, tetapi setelah kalian berada di dasar ternyata kedung ini cukup luas. Apalagi dengan sedikit orang yg berani turun ke bawah seperti ketika sekarang ini, kita akhirnya dapat cukup puas bermain main air di dalam kedung tumpang.

Bersenang senang namun tetap waspada, itulah aturan main di Kedung Tumpang ini. Jangan terlalu mendekati ujung kolam yg berbatasan dengan tebing, karena sewaktu-waktu ombak besar bisa menyeret tubuh ke dalam Lautan Hindia.

Tak aku sangka sebelumnya, seandainya Kedung Tumpang juga memiliki air terjun tersembunyi yg tepat berada tidak jauh dari bibir pantai. Seperti surga yg tersembunyi, air terjun ini berada di balik pepohonan rimbun di Kedung Tumpang, dan mampu aku pastikan juga tidak segala pengunjung tahu mulai keberadaan air terjun indah ini.

Dengan keberadaan Kedung Tumpang yg memiliki karakter khas, tampaknya lambat laun mulai menjadi primadona andalan wisata di kabupaten Tulungagung. Dan pastinya juga mulai tidak mengurangi pilihan wisata buat siapa saja yg tiba ke Jawa Timur, khusunya Kabupaten Tulungagung.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/27/113400/3306899/1025/kedung-tumpang-jacuzzi-alam-dari-tulungagung
Terima kasih sudah membaca berita Kedung Tumpang, ‘Jacuzzi’ Alam dari Tulungagung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kedung Tumpang, ‘Jacuzzi’ Alam Dari Tulungagung"