Kecil Pramuka, Dewasa Jadi Petualang Tangguh

No comment 118 views

Berikut artikel Kecil Pramuka, Dewasa Jadi Petualang Tangguh, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Di media sosial, tidak sedikit pejalan yg akhirnya menjadi bahan celaan karena tingkah lakunya yg dianggap tidak bertanggung jawab dengan lingkungan sekitarnya. Sebagai seorang pejalan, seseorang memang dituntut agar bisa meninggalkan jejak yg baik untuk orang dan lingkungan yg ia kunjungi.

Oleh karena itu, bekal pengetahuan, pembangunan karakter, dan cinta lingkungan diperlukan oleh para pejalan sedari dini. Salah sesuatu organisasi yg mengajarkan itu seluruh adalah Pramuka.

“Kalau Pramuka sendiri membuat dua karakter yg cocok buat remaja berkelana, yakni Tri Satya dan Dasa Darma. Termasuk berbuat baik, yakin pada Tuhan, berbakti pada orang tua dan negara, dan menjaga lingkungan hidup,” kata Arie Rukmantara, Nasional Commissioner on Planing, Development, and Partnership Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada KompasTravel ketika acara peluncuran Time Please di Mall Gandaria City, Sabtu (6/8/2016).

Selain penanaman karakter tersebut, Arie juga menyampaikan Pramuka membekali anak buat memiliki keahlian. “Sesederhana dapat untuk pasak, tali temali, atau sandi morse,” kata Arie.

Terakhir, Arie menyampaikan seandainya anggota pramuka sudah terbiasa bagi bersosialisasi dengan orang lain, sehingga lebih berani bagi berhadapan dengan orang yang lain dan alam.

“Anak di zaman digital dapat saja tahu teknis komputer, atau gamer, atau istilah canggih di smartphone, tapi keberaniannya bersosialisasi dengan orang yang lain hilang,” kata Arie.

Mirip dengan apa yg dinyatakan Arie, Laila dan Afifah, Pramuka Bantara dari SMA 13 mengakui seandainya kegiatan Pramuka yg mereka ikuti memiliki dampak yg baik.

“Saya ketemu teman-teman baru, tidak mengurangi relasi, dan di Pramuka tak ada yg membeda-bedakan, terasa begitu kekeluargaan,” kata Afifah.

Sedangkan Laila menambahkan seandainya Pramuka memberikan ilmu yg tidak didapat di luar kelas. “Pramuka melatih kalian berani tampil di depan umum, dari public speaking juga dilatih. Tidak hanya belajar akademis, kami juga belajar skill skill lainnya,” kata Laila.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yg berarti orang muda yg suka berkarya. Di Indonesia, Pramuka didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961. Saat ini, diestimasi ada 22 juta orang anggota aktif Pramuka di segala Indonesia.

Kegiatan Pramuka membentuk anggotanya agar memiliki kepribadian yg beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung nilai-nilai tinggi luhur bangsa, dan memiliki kecakacauan hidup sebagai kader bangsa.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/07/070521727/kecil.pramuka.dewasa.jadi.petualang.tangguh
Terima kasih sudah membaca berita Kecil Pramuka, Dewasa Jadi Petualang Tangguh. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kecil Pramuka, Dewasa Jadi Petualang Tangguh"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.