Keajaiban Jabal Nur Dan Gua Hira

No comment 235 views

Berikut artikel Keajaiban Jabal Nur dan Gua Hira, Semoga bermanfaat

Makkah – Bagi umat Islam, beberapa tempat di negeri Raja Saman ini sangatlah bersejarah. Jabal Nur dan Gua Hira, saksi turunnya wahyu pada Nabi Muhammad.

Dalam catatan detikTravel, Jabal Nur berada di kawasan Hejaz atau atau sekitar 7 km dari Masjidil Haram. Di Jabal Nur jugalah terdapat gua kecil yg disebut Gua Hira. Kedua tempat ini pasti dikunjungi oleh umat Muslim yg beribadah ke tanah suci, Makkah di Arab Saudi.

Kata ‘Nur’ pada nama Jabal Nur memiliki arti cahaya. Bukan cahaya dalam arti kata sesungguhnya, cahaya yg dimaksud milik arti sebagai tempat pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah. Artinya, gunung setinggi 642 mdpl ini yaitu titik awal Muhammad diangkat menjadi nabi terakhir.

Dari kaki Jabal Nur, dibuuhkan waktu sekitar 1 jam buat mendaki ke atas. Dari dua gua, ada sesuatu gua yg suka dipakai oleh Muhammad (sebelum diangkat menjadi nabi) bagi menyendiri yakni Gua Hira. Muhammad tidak jarang menenangkan pikiran di sana.

Potret Jabal Nur (Mohd Yusof Tawil/Google Maps)Potret Jabal Nur (Mohd Yusof Tawil/Google Maps)

Gua Hira adalah gua kecil. Panjangnya 3,5 meter dan lebar 1,5 meter, serta letaknya berada 4 meter dari atas bagian puncak gunungnya. Dengan kemiringan 60 derajat, berjalan menuju gua tersebut sedikit sulit dan butuh stamina.

Hingga suatu hari saat Muhammad sedang menyendiri, turunlah wahyu dari Malaikat Jibril. ‘Iqra’ yg artinya baca, begitu perintah pertama Allah kepada Muhammad. Dari sana kemudian Muhammad diangkat menjadi nabi, yg tentu proses kenabian dan menyebarkan Islam pada masa itu di kalangan Suku Quraisy tidaklah mudah.

Perjalanan mendaki Puncak Jabal Nur (Rachmadin Ismail/detikTravel)Perjalanan mendaki Puncak Jabal Nur (Rachmadin Ismail/detikTravel)

Pada ketika musim haji, kunjungan wisata religi ke Gua Hira mencapai puncaknya. Setiap hari, puluhan ribu orang tiba silih berganti buat melihat gua mungil, tempat Nabi Muhammad berkontemplasi.

Tapi ingat, Anda juga harus sabar mengantre bagi masuk ke dalam Gua Hira. Gua Hira cuma dapat menampung empat orang saja. Keadaan di dalamnya cukup gelap, sebab cuma sedikit cahaya matahari yg masuk ke sana.

Memasuki Gua Hira harus sesuatu per sesuatu (Rachmadin Ismail/detikTravel)Memasuki Gua Hira harus sesuatu per sesuatu (Rachmadin Ismail/detikTravel)

Berjalan ke atas Puncak Jabal Nur, ada pemandangan cantik menanti Anda. Dari sanalah, Anda dapat melihat Kota Makkah yg cantik dari ketinggian. Bahkan, dari sana pun Anda mampu melihat Masjidil Haram dengan jelas tanpa ada gangguan gedung-gedung tinggi. Sangat cantik!

Selamat tiba di Jabal Nur dan Gua Hira, saksi sejarah terpenting dalam Islam.

Panorama indah dari puncak jabal Nur (Rachmadin Ismail/detikTravel)Panorama indah dari puncak jabal Nur (Rachmadin Ismail/detikTravel)

(aff/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/02/110718/3436000/1520/keajaiban-jabal-nur-dan-gua-hira
Terima kasih sudah membaca berita Keajaiban Jabal Nur dan Gua Hira. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Keajaiban Jabal Nur Dan Gua Hira"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.