Ke Gunung Lawu Tak Hanya Mendaki, Coba Datangi Tempat Ini

No comment 137 views

Berikut artikel Ke Gunung Lawu Tak Hanya Mendaki, Coba Datangi Tempat Ini, Semoga bermanfaat

SURAKARTA, KOMPAS.com – Berwisata ke gunung biasanya yg terpikirkan hanyalah mendaki, panjat tebing atau berkemah di beberapa base camp-nya.

Jika Anda berkunjung ke Gunung Lawu, cobalah berkunjung juga ke berbagai obyek wisata di kaki gunungnya yg cukup bervariasi.

Berlokasi di antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur, Gunung Lawu yaitu gunung ketiga tertinggi di Jawa Tengah.

Jika Anda berkunjung lewat jalur Karanganyar, Anda mulai menemui dua obyek wisata berikut.

KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Gaya bangunan Candi Sukuh mirip punden berundak, terdiri atas teras berundak yg makin sempit di bagian belakang. Bangunan suci juga diletakkan di bagian belakang.

Candi Sukuh dan Candi Cetho

Candi Cetho berada di lereng Gunung Lawu dengan posisi 1.490 mdpl. Tepatnya di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Sukuh dan Candi Cetho memiliki keunikan dibanding candi yang lain di Indonesia, keduanya memiliki bangunan menjulang tinggi seperti piramid. Bangunan dan patung-patungnya lebih mirip peninggalan khas candi pada masa peradaban bangsa Inca, suku Maya di Amerika Latin.

Tak cuma menikmati sejarah bangunan yg penuh arti, salah sesuatu yg terkenal di Candi Cetho ialah panorama sunset-nya yg menawan. Cobalah Anda menunggu hingga matahari terbenam di kedua candi ini.

Untuk tiket masuk keduanya, Anda perlu membayar Rp 7.000. Candi buka sejak pagi, hingga sore hari ketika matahari terbenam.

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Wisata alam di Kali Senatan yg terletak di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, menjadi salah sesuatu pilihan pelesir pelancong. Selain wisata alam, Ngargoyoso juga cocok buat wisata kuliner di dua kedai teh dan agrowisata di sekitar kebun teh.

River Tubing Senatah

Bagi Anda yg senang dengan wisata adrenalin dan ingin mencari tempat berlibur di musim hujan, sepertinya Anda harus coba wisata kaki Gunung Lawu yg sesuatu ini.

Bertempat di desa di Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Rute yg harus Anda tempuh cuma sekitar 45 menit dari Kota Surakarta, menuju Kabupaten Karanganyar atau Gunung Lawu.

Tubing di sungai ini memiliki keasyikan tersendiri, karena debit airnya mampu diatur sehingga derasnya arus mampu disesuaikan, terutama ketika musim hujan. Sungai yg sempit dan jeram yg meeting membuat tubing di sungai ini sangat menegangkan.

Jika Anda ingin mencoba, panjang rute tubing yg tersedia di sungai ini ada tiga tingkatan. Level pertama 800 meter dengan lama waktu berkisar 10 menit, level kedua 3 kilometer selama 40 menit, dan level ketiga 7,5 kilometer dengan sesuatu setengah jam.

Sedangkan biayanya disesuaikan dengan levelnya, level sesuatu Rp 20.000, level beberapa Rp 50.000, dan level tiga Rp 150.000.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Rumah Teh Ndoro Donker di kawasan Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker, berlokasi di kawasan Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Di rumah teh ini, Anda mulai merasakan bak saudagar teh yg memiliki kebun berhektar-hektar pada masa kolonial. Semilir angin, pemandangan hijaunya bukit dan Gunung Lawu mulai menemani Anda sepajang minum teh di sini.

Suguhan penting Rumah Teh Ndoro Donker tentu saja aneka teh yg sebagian hasil olahan sendiri, seperti Donker Black Tea dan Green Tea.

Namun, ada pula suguhan teh impor, seperti white tea atau teh putih dan teh aneka rasa, seperti camomile, earl grey, lavender, osmanthus, teh aroma mint, lemon, dan jeruk. Pengunjung mampu memilih teh disajikan dengan poci atau per cangkir.

Resto ini menyajikan aneka macam teh dengan harga rata-rata Rp 6.000 per cangkir atau Rp 15.000 per teko bagi empat cangkir, kecuali macam white tea yg dijual Rp 45.000 per tekonya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/23/071600227/ke.gunung.lawu.tak.hanya.mendaki.coba.datangi.tempat.ini
Terima kasih sudah membaca berita Ke Gunung Lawu Tak Hanya Mendaki, Coba Datangi Tempat Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ke Gunung Lawu Tak Hanya Mendaki, Coba Datangi Tempat Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.