Kawasan Ngarai Sianok Akan Ditata

No comment 99 views

Berikut artikel Kawasan Ngarai Sianok Akan Ditata, Semoga bermanfaat

BUKITTINGGI, KOMPAS.com – Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias menyatakan pemerintah setempat mulai melakukan penataan di kawasan wisata Ngarai Sianok.

“Pemandangan tebing Ngarai Sianok biasa dinikmati wisatawan dari atas. Selanjutnya mulai diupayakan agar bagaimana bisa dinikmati dari bawah, merupakan di daerah aliran sungai Batang Sianok. Ini yg mulai ditata,” katanya di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (21/10/20160.

Ia menerangkan, daerah aliran sungai tersebut sangat berpotensi bagi dikembangkan sebagai obyek wisata baru di daerah itu seperti buat kegiatan arung jeram dan membangun kolam mandi buat anak.

“Kami langsung surati pemerintah provinsi agar pasir di daerah aliran sungai mampu dibersihkan. Kemudian sungai dijaga kelestariannya dan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata,” sebutnya.

(BACA: Jurnalis China Kagumi Keindahan Kota Bukittinggi)

Menurutnya, kawasan Ngarai Sianok telah cukup dikenal masyarakat bahkan hingga ke luar negeri namun karena belum tertata. Wisatawan lebih suka mengunjungi Taman Panorama dan Lobang Jepang, Jam Gadang serta Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

“Sekarang saatnya Ngarai Sianok yg ditata agar ramai seperti obyek wisata yang lain sehingga tidak mengurangi daya tarik pariwisata Bukittinggi. Karena lokasinya yg juga berbatasan segera dengan Kabupaten Agam kalian mulai bersinergi dalam penataan itu,” katanya.

Ramlan merencanakan secara bertahap mulai menghidupkan kawasan Ngarai Sianok melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan pendidikan seperti lomba-lomba untuk siswa sekolah agar secara tak segera bisa mengarahkan masyarakat ke lokasi itu.

KOMPAS/RINI KUSTIASIH Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, yaitu salah sesuatu jalur yg disukai komunitas pesepeda. Jalur yg berkelok-kelok dan pemandangan alamnya yg indah itu membuat jalur ini tidak jarang dilintasi para pesepeda. Foto diambil pada 27 April 2014.

Selanjutnya, keamanan dan sosialisasi sadar wisata dikerjakan untuk warga setempat terkait tarif makanan, tarif parkir dan kebersihan serta tidak mengurangi sarana seperti toilet umum, transportasi dan tidak mengurangi penerangan yg mulai diupayakan pengadaannya melalui investor.

“Pariwisata itu yg utama aman dan nyaman. Secara bertahap kita mulai tata dan libatkan masyarakat agar mampu pula memberikan kenyamanan untuk pengunjung,” ujarnya.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/10/21/184100027/kawasan.ngarai.sianok.akan.ditata
Terima kasih sudah membaca berita Kawasan Ngarai Sianok Akan Ditata. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kawasan Ngarai Sianok Akan Ditata"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.