Kasada, Warga Yang Tidak Berkepentingan Dilarang Mendekati Kawah

No comment 100 views

Berikut artikel Kasada, Warga yang Tidak Berkepentingan Dilarang Mendekati Kawah, Semoga bermanfaat

MALANG, KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) akan mengantisipasi keamanan di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur menjelang hari H pelaksanaan upacara ritual Yadnya Kasada.

Bahkan, pihak BB TNBTS mengimbau buat warga, terutama para wisatawan yg tak berkepentingan dengan ritual adat tersebut bagi tak mendekati kawah aktif Bromo.

“Tidak boleh ke kawah. Jaraknya radius sesuatu kilometer. Lihat dari jauh aja tak apa-apa. Kalau masyarakat yg telah biasa, seperti para dukun, boleh, silakan. Kita tak mungkin melarang,” kata Kepala BB TNBTS John Kennedie ketika dihubungi KompasTravel, Senin (18/7/2016).

John mengaku telah memasang police line sebagai tanda larangan kepada pengunjung bagi tak mendekat ke kawah aktif Bromo. “Sudah dipasang police line,” katanya.

Tidak cuma itu, sejumlah petugas keamanan telah disiapkan. Di antaranya 50 personel dari Polisi Hutan (Polhut) dan 68 personel dari tim SAR yg dibentuk BB TNBTS. Sejumlah personel tersebut mulai disebar di sejumlah titik buat mengamankan pelaksanaan ritual Kasada.

Menurut John, hingga ketika ini keadaan kawah dengan ketinggian 2.329 mdpl itu belum aman dikunjungi oleh warga layaknya seperti hari biasanya. Oleh karena itu, ia melarang warga yg tak berkepentingan dengan ritual tersebut agar tak mendekat ke kawah.

“Situasinya masih belum memungkinkan. Mudah-mudahan dengan Kasada ini, berkat doa dari para dukun, situasinya kembali normal,” ungkapnya.

Namun demikian, John memprediksi kunjungan wisatawan tetap tinggi. Sesuai dengan pelaksanaan Kasada tahun lalu, kunjungan wisatawan diperkirakan mencapai 2.000 orang.

Sesuai jadwal, Yadnya Kasada mulai dilangsungkan pada Rabu (20/7/2016) pukul 19.00 WIB di Pendopo Agung Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Kemudian pada Kamis (21/7/2016) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB diadakan acara pemberangkatan persiapan upacara ritual Yadnya Kasada.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/19/061200327/Kasada.Warga.yang.Tidak.Berkepentingan.Dilarang.Mendekati.Kawah
Terima kasih sudah membaca berita Kasada, Warga yang Tidak Berkepentingan Dilarang Mendekati Kawah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kasada, Warga Yang Tidak Berkepentingan Dilarang Mendekati Kawah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.