Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Resmi Berakhir, Ini Kisahnya…

Berikut artikel Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Resmi Berakhir, Ini Kisahnya…, Semoga bermanfaat

BALIGE, KOMPAS.com – Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba resmi berakhir pada Minggu (21/8/2016) pukul 18.00 WIB. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo serta para menteri sudah meninggalkan titik akhir karnaval sekitar 500 meter sebelum titik akhir di Simpang Sibulele, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

KompasTravel mengikuti karnaval dari mobil hias tepat di depan mobil hias yg ditumpangi Jokowi. KompasTravel bersama pewarta foto maupun televisi mengabadikan momen-momen karnaval.

Jokowi kemudian melepas rombongan karnaval, ditandai dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak tujuh kali. Masyarakat setempat ikut menghitung tabuhan gendang, akan dari sesuatu sampai tujuh, memakai bahasa lokal.

Presiden Jokowi sebelumnya mengikuti karnaval dari titik awal karvanal di Soposurung, Balige sekitar pukul 16.00 WIB. Jokowi menaiki mobil hias bersama Ibu Negara dan para menteri.

Selama perjalanan, Jokowi disambut secara antusias oleh masyarakat Kabupaten Toba Samosir dan daerah-daerah yang lain di Sumatera Utara. Jokowi selama perjalanan juga kerap melemparkan kaus-kaus ke arah masyarakat di sisi kiri dan kanan karnaval.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo berjalan memasuki titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Acara ini berlangsung di beberapa tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Masyarakat juga sontak berebut kaus yg dilempar Jokowi. Masyarakat juga sepanjang rute karnaval kerap berteriak menyambut kedatangan Jokowi.

Mereka rela naik ke atap rumah bahkan ke pelataran gereja dan makam demi mendapatkan tempat terbaik buat melihat Presiden Jokowi. Anak-anak juga kelihatan berlarian di dua sisi jalan yg berkontur tidak rata.

“Jokowi.. Jokowi.. Jokowi..,” terdengar teriakan para penonton.

Karnaval juga diikuti oleh parade ulos terpanjang di dunia sepanjang 500 meter, arak-arakan Sigale-gale, rombongan marching band, pencak silat, tari sembilan cawan, dan peserta karnaval lain. Jumlah peserta diperkirakan lebih dari 3.500 orang.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Masyarakat berteriak histeris ketika rombongan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yg diikuti Presiden Joko Widodo dari Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Acara ini berlangsung di beberapa tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Cuaca selama perjalanan karnaval terpantau cerah. Awan hitam sempat terlihat. Jokowi bersama rombongan di mobil hias akhirnya turun dari mobil hias di titik 500 meter sebelum titik akhir di Simpang Sibulele. Jokowi sempat melihat karnaval sebelum akhirnya pergi ke Hotel Sere Nauli di Lagu Boti, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Acara ini berlangsung di beberapa tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menonton Konser Slank di Pantai Bebas Parapat, Simalungun, Sumatera Utara pada Sabtu (21/8/2016). Jokowi bersama para menteri juga sempat melakukan meeting kabinet terbatas membahas poros maritim di Hotel Ina Parapat.

Jokowi berharap Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba tahun depan tetap dilaksanakan. Pasalnya, perbedaan yg ada di Tanah Batak adalah sesuatu cara bagi menyatukan Indonesia.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Masyarakat melihat rombongan karnaval yg diikuti Presiden Joko Widodo dari Soposurung menuju Simpang Sibulele di sebuah gereja, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Acara ini berlangsung di beberapa tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Untuk melihat foto-foto Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, klik GALERI FOTO “Pesona Danau Toba dalam Karnaval Kemerdekaan”.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/22/060700327/Karnaval.Kemerdekaan.Pesona.Danau.Toba.Resmi.Berakhir.Ini.Kisahnya.
Terima kasih sudah membaca berita Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Resmi Berakhir, Ini Kisahnya…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Resmi Berakhir, Ini Kisahnya…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.