Kangen Masakan Indonesia Saat Liburan Di Turki, Mampir Saja Ke Warung Ini!

Berikut artikel Kangen Masakan Indonesia Saat Liburan di Turki, Mampir Saja ke Warung Ini!, Semoga bermanfaat

Istanbul – Saat liburan ke luar negeri, tidak jarang traveler kangen masakan Indonesia. Kalau di Turki, ada Warung Nusantara yg dapat jadi obat kangen.

Menu masakan khas dari berbagai daerah Indonesia, ternyata mampu ditemui di Istanbul, Turki. Jika berkunjung ke Istanbul dan kangen dengan masakan Indonesia, dapat coba mampir ke Warung Nusantara punya warga negara Indonesia.

Warung Nusantara lokasinya di dekat Stasiun Merkes Effendi, Istanbul, Turki. Berbagai menu kuliner khas Nusantara tersedia di warung punya Meily Aristia Ozdemir, WNI dari Kalimantan ini seperti soto ayam, bakso, gado-gado, rendang, mie. Bahkan, jajanan seperti bakwan orang Jakarta menyebutnya atau ote-ote kata orang Surabaya, tersedia di Warung Nusantara.

Pekan dulu detikTravel yg diundang Turkish Airlines dalam acara Istanbul-Cappadocia Media Trip, sempat makan siang di Warung Nusantara. Ternyata, masakannya benar-benar bercita rasa Indonesia.

(Rois Jajeli/detikTravel)Foto: (Rois Jajeli/detikTravel)

Saya sempat coba dua menu makanan seperti mie, sambal ikan bakar, bahkan ote-ote atau bakwan. Rasanya benar-benar menendang di lidah dan asli seperti di Indonesia.

Di Warung Nusantara ini juga menyediakan menu ikan pepes, lontong sayur, cap cay, bakso. Minuman es teh, hingga menu tape ketan hitam. Harganya pun bervariasi, akan dari 1 Lira Turki, 6 Lira Turki sampai 22 Lira Turki. 1 Lira Turki sekitar Rp 4 ribu.

“Memang bumbu-bumbunya didatangkan dari Indonesia. Ada daun sere, daun salam, daun jeruk, kunyit, kemiri. Kalau bumbu yang lain seperti merica, ketumbar, yg ada di sini, tak perlu didatangkan dari Indonesia,” kata Meily.

(Rois Jajeli/detikTravel)Foto: (Rois Jajeli/detikTravel)

Selain bumbunya didatangkan dari Indonesia, bagi menjaga cita rasanya, Meily yg suaminya orang Turki ini juga mendatangkan juru masak dari Indonesia. Tapi juga tetap mempekerjakan warga Turki buat menolong di bagian kebersihan.

“Juru masaknya juga dari Indonesia. Kenapa aku memilih orang Indonesia, buat tetap terjaga rasa Nusantara, tetap orisinal. Kalau orang Turki yg masak, khawatir pengolahan bumbunya dan tak memiliki rasa Nusantara. Orang Turki menolong di bagian bersih-bersih,” terangnya.

Untuk mendapatkan bumbu-bumbu khas Indonesia, Meily selain membawa sendiri ketika pulang kampung ke Indonesia, juga bekerjasama dengan pelajar yang berasal Indonesia.

(Rois Jajeli/detikTravel)Foto: (Rois Jajeli/detikTravel)

“Kadang bumbunya aku bawa sendiri dari Indonesia ketika pulang kampung. Kadang ada keluarga yg tiba ke Turki, aku titip membawa bumbu-bumbu. Kadang sama mahasiswa di sini dari Indonesia dengan kerjasama sistem beli,” terangnya.

Warung Nusantara yg berdiri sejak beberapa tahun ini menjadi jujugan warga Indonesia yg tinggal di Turki. Selain itu, juga ada wisatawan dari Indonesia maupun negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Pengunjungnya lumayan. Kebanyakan dari pelajar atau WNI. Juga ada wisatawan dari Malaysia, Singapura,” terang ibu sesuatu anak yg sebelumnya membuka usaha katering dan melayani makan wisatawan umroh yg mampir ke Turki. (roi/krn)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/30/121500/3358536/1520/kangen-masakan-indonesia-saat-liburan-di-turki-mampir-saja-ke-warung-ini
Terima kasih sudah membaca berita Kangen Masakan Indonesia Saat Liburan di Turki, Mampir Saja ke Warung Ini!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kangen Masakan Indonesia Saat Liburan Di Turki, Mampir Saja Ke Warung Ini!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.