Kandang Kambing Vs Komodo

No comment 105 views

Berikut artikel Kandang Kambing Vs Komodo, Semoga bermanfaat

Labuan Bajo – Banyak hal menarik yg mampu kamu lihat ketika mampir ke Pulau Rinca di NTT. Seperti, kandang kambing khusus buat mencegah serangan komodo.

detikTravel pada dua minggu dahulu dari tanggal 26-29 Oktober 2016 tiba ke Labuan Bajo, NTT dalam acara ‘Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia’. Selama 4 hari perjalanan, hampir segala destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Khusus di Pulau Rinca, awak media sebenarnya tak milik banyak waktu. Kami cuma mampir sebentar di perkampungannya dahulu kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Labuan Bajo. Sedikit kecewa, karena tak mampu trekking di padang savananya.

Namun di sini, justru mata aku menangkap satu yg menarik. hampir di depan rumah, terdapat sesuatu halaman luas yg dipagari kayu. Ternyata, itu adalah kandang kambing!

Kandang kambing di Pulau Rinca (Afif/detikTravel)Kandang kambing di Pulau Rinca (Afif/detikTravel)

“Di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, masyarakatnya memang berternak kambing. Tapi masalahnya adalah, komodo suka melahap kambing-kambing tersebut,” ujar Ardiansyah atau yg akrab disapa Ian, yg menjadi pemandu awak media.

Ian yg yaitu orang asli Pulau Komodo menjelaskan, kandang kambingnya memang dilindungi oleh kayu-kayu dan dua tak beratap. Kayu-kayunya dibuat serapat mungkin, agar tak ada komodo yg masuk. Kadang ditambah tumpukan seng.

Kandang kambing yg mencegah komodo masuk (Afif/detikTravel)Kandang kambing yg mencegah komodo masuk (Afif/detikTravel)

“Sedikit uniklah kandang kambingnya, memang dibuat bagi mencegah serangan komodo,” katanya.

Biasanya, pada pagi dan kebanyakan pada sore hari kandang kambing mulai dibuka dan kambing-kambing mampu berkeliaran. Jam-jam segitu, jam-jamnya komodo telah beristirahat. Sehingga, kambing-kambing lebih aman.

Kambing, hewan ternak untuk masyarakat Pulau Rinca dan Pulau Komodo (Afif/detikTravel)Kambing, hewan ternak untuk masyarakat Pulau Rinca dan Pulau Komodo (Afif/detikTravel)

Kandang kambing yg dibuat oleh orang-orang Pulau Komodo dan Pulau Rinca terbukti ampuh buat menghalau komodo. Namun ketika kambing-kambing sedang dilepas, tidak sedikit masalah komodo menyerang dan memangsa hewan ternak itu.

“Ya kalau telah dimakan komodo mau bagaimana lagi. Biasanya komodo yg mendekat kami usir, kami timpukin batu tetapi tak sampai kena badannya agar dia menjauh saja. Kita di sini hidup dengan komodo dan melindunginya,” jelas Ian.

Komodo, Si Naga Purba (Afif/detikTravel)Komodo, Si Naga Purba (Afif/detikTravel)

(aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/10/075246/3341759/1519/kandang-kambing-vs-komodo
Terima kasih sudah membaca berita Kandang Kambing Vs Komodo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kandang Kambing Vs Komodo"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.