Kali Topa, Permandian Yang Menyatu Dengan Alam

No comment 116 views

Berikut artikel Kali Topa, Permandian yang Menyatu dengan Alam, Semoga bermanfaat

ANGIN semilir yg berhembus agak kencang menggoyangkan daun pohon kelapa. Daun pohon kelapa bergerak tidak menentu seperti melambai ini menimbulkan suara nyanyian alam.

Pohon kelapa kelihatan berjejer rapi di sepanjang jalan menuju Kali Topa, yg berada di Dusun Topa, Desa Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Kali Topa yaitu mata air tawar yg bermuara segera ke arah pantai.

Dahulu Kali Topa kadang digunakan warga bagi menjadi area permandian. Hingga sekarang Kali Topa ini masih digunakan sebagian warga bagi mandi dan juga mencuci pakaian.

“Dulu banyak orang-orang di desa kalau mandi di Kali Topa. Tempat mandinya di buat buat wanita dan pria,” kata seorang warga Desa Wabula, Mega (23), Sabtu (13/8/2016).

Air Kali Topa sangat jernih, sehingga dasar dari Kali Topa kelihatan dengan jelas. Permandian Kali Topa dikelilingi dengan batu karang dan di atasnya ditumbuhi pepohonan yg rindang, sehingga udaranya sangat sejuk.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Beberapa warga desa wabula sedang mencuci pakaian di kali topa wabula

Saat ini permandian Kali Topa menjadi permandian favorit dan salah sesuatu andalan pariwisata yg ada di Desa Wabula. Permandian Kali Topa telah banyak dikenal seantero Kabupaten Buton dan Kota Baubau.

“Banyak juga pengunjung yg tiba berekreasi di Kali Topa ini. Ada juga yg tiba dari kota lainnya tiba mandi di Kali Topa ini,” ujarnya.

Sementara itu, kelihatan dua orang sedang mandi dengan anak kecil sambil berteriak kegirangan menepuk tangannya di atas air Kali Topa yg jernih. Seorang pengunjung, Agus, mengaku sangat menikmati permandian Kali Topa tersebut.

“Kita mandi di sini seperti menyatu dengan alam, karena banyak pepohonan yg rindang disertai dengan suara gesekan daun pohon kelapa. Ada bagian sana kalau kalian mandi seperti mandi private karena di kelilingi batu-batu karang, sehingga tak dilihat banyak orang,” ucap Agus.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/13/150400727/Kali.Topa.Permandian.yang.Menyatu.dengan.Alam
Terima kasih sudah membaca berita Kali Topa, Permandian yang Menyatu dengan Alam. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kali Topa, Permandian Yang Menyatu Dengan Alam"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.