Kali Pertama Liburan Ke Bandung, Berjuta Rasanya

No comment 154 views

Berikut artikel Kali Pertama Liburan ke Bandung, Berjuta Rasanya, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –

Liburan ke Bandung memang terus seru dan mengesankan. Apalagi buat traveler yg baru pertama kali.

Awalnya berencana liburan ke Dieng sambil menyaksikan Dieng Culture Festival 2016 (DCF), Karena tahu keterangan acaranya terlambat, jadi aku search di Google website resmi penjualan tiket DCF. Ternyata tiketnya telah sold out..

Jadi aku pilih backpack, destinasinya explore Bandung atau Jawa barat. Mulailah aku search tiket kereta api 2 pekan sebelum jadwal keberangkatan di website resmi KAI.

Akhirnya aku pesan tiket kereta Malabar, berangkat dari kediri tanggal 13 agustus 2016 dan tiket pulangnya tanggal 17 agustus 2016. Karena tiket kereta api telah fix, sekarang saatnya aku search di mbah Google buat penginapan atau guesthouse via salah sesuatu website booking online.

Setelah baca-baca review, akhirnya bisa penginapan lumayan murah dan dekat dengan stasiun Bandung Hall. Backpack kali ini fix ke Bandung.

Tibalah pada hari H berangkat ke Bandung. Karena berangkatnya agak malam setelah maghrib jam 18.56, jadi aku paginya masih mampu absen ke kantor setengah hari. Lumayan guys mampu uang lembur.

Nah, tibalah waktunya naik Kereta Malabar. Keretanya berangkat on time guys. Di dalam perjalanan aku ketemu rombongan praja IPDN (cita2 dari kecil) kok curhat ya.

Pagi tanggal 14 Agustus 2016, pukul 09.00 telah di stasiun Bandung Hall. Agak molor dikitlah dari jadwalnya, tetapi gak persoalan yg utama sampai di Bandung. Senangnya karena kali pertama ke Bandung. Jepret selfie dahulu di Stasiun Bandung sebelum keluar.

Hari Pertama

Akhirnya perjalanan explore Bandung dan sekitarnya dimulai tanggal 14 agustus 2016. Tujuan pertama aku adalah ke Gunung Tangkuban Perahu. Keluar stasiun aku segera cari angkot yg menuju ke Lembang.

Mobil L 300 berwarna krem hitam yg jurusan Station Hall-Lembang. Bandung memang kotanya angkutan umum guys, banyak banget angkot yg bersiliweran. Tidak lama nunggu, akhirnya angkotnya datang.

Karena jalanan masih belum terlalu ramai, kurang lebih setengah jaman sampai di tempat tujuan perempatan Lembang. Nah di perempatan ini aku cari angkot yg jurusan Lembang -Cikole berwarna kuning.

Dalam angkot aku nego sama supirnya bagi dapat diantar sampai ke parkiran Gunung Tangkuban perahu dengan kesepakatan harga. Karena sendirian jadi mereka lama nentuin harga yg pas.

Karena hujan akan turun deres, takut aku gak bisa view menarik nanti pas di puncak akhirnya tawaran mereka aku terima dengan minta potongan Rp 50 ribu saja. Sesuai kesepakatan aku diantar sampai ke pinggir kawah, pemandian air panas Sari Ateur dan di antar turun ke Lembang lagi sampai pintu masuk Floating Market.

Sampai di parkiran Tangkuban Perahu aku segera cari view yg bagus buat ambil foto dan selfie. Lumayan capek juga keliling pinggir Kawah Ratu. Sepertinya belum seluruh pinggir kawah yg aku explore dan cuacanya kembali berkabut dan akan turun hujan.

Saya putuskan bagi pindah menuju ke Sari Ateur. Di sini cuacanya cerah. Dalam Sari Ateur cuma mengelilingi dan foto-foto. Hari ini pengunjungnya banyak sekali, setiap tempat penuh oleh wisatawan lokal yg tiba bersama rombongan keluarga. Soalnya tempat ini bagus bagi wisata keluarga.

Kurang lebih sesuatu jam explore keliling Sari Ateur, perjalanan aku lanjutkan menuju ke Lembang merupakan Floating Market. Di sini juga telah penuh pengunjungnya karena telah siang hari. Puas keliling Floating Market jam 2 siang, aku segera keluar dan cari angkot bagi ke tempat guesthouse.

Karena telah siang dan weekend, jadi Kota Bandung macet. Angkot yg aku naik itu ambil jalan pintas turun naik keluar masuk kampung dan akhirnya kurang lebih 1 jam sampailah di depan gang yg menuju ke guesthouse.

Dari jalan penting masuk gang menuju jalan ke guesthouse itu kurang lebih 10 menit sampai di depannya dan check in sekalian membayar pelunasannya karena baru bayar 50 persen via internet banking.

Saya pas check in pukul 16.00, mandi dan istirahat selalu turun ke lobi buat numpang free WiFi. Biar paket data ponsel hemat. Online di lobby guesthouse aku ketemu dua backpacker dari mancanegara yg keluar masuk.

Akhirnya ketemu para backpacker mahasiswa dari Johor Malaysia. Ada 8 orang, cowok 3 cewek 5. Sebagian naik buat istirahat di kamar masing-masing dan sebagian lagi istirahat di lobi.

Sambil free WiFi cerita pengalaman masing-masing telah ke mana saja backpackeran, aku jadi pendengar saja. Tidak berapa lama ada yg tiba lagi, sepasang backpacker malaysia.

Akhirnya kami selfie lalu di lobi hotel. Karena yg 8 orang telah dua hari di Bandung dan besok flight ke malaysianya pukul 06.00. Jadi pagi-pagi sekali mereka harus check out guest house pukul 04.00 dan aku dikasih kenangan mata uang mereka, 1 ringgit.

Obrolan aku lanjut dengan sepasang backpacker Malaysia keturunan China, dan saling tanya di Bandung mau explore ke mana saja. Saya pun dikasih tau itinerynya. Mereka bilang banyak ya, karena mereka cuma milik rencana ke Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey.

Akhirnya aku ajak join trip saja biar mereka dapat explore lebih banyak. Malamnya aku keliling alun-alun kota Bandung bagi foto-foto dan pulang ke guest house pukul 21.00 malam.

Ketemu lagi dengan 3 orang backpack dari Selangor Malaysia di lobi. Lanjut saling kenalan dan cerita panjang lebar, akhirnya aku join trip dengan backpacker Selangor. Karena mereka sudah sewa mobil, jadi kami share cost dan jadi lebih hemat total.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/17/134500/3305057/1025/kali-pertama-liburan-ke-bandung-berjuta-rasanya
Terima kasih sudah membaca berita Kali Pertama Liburan ke Bandung, Berjuta Rasanya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.