Jumpa Aneka Satwa Asli Australia Di Kebun Binatang Taronga

No comment 138 views

Berikut artikel Jumpa Aneka Satwa Asli Australia di Kebun Binatang Taronga, Semoga bermanfaat

Sydney – Australia dikenal dengan aneka satwa yg lucu dan khas. Dari kangguru, wombat, hingga koala semuanya mampu dilihat di Kebun Binatang Taronga, Sydney.

Taronga Zoo alias Kebun Binatang Taronga, adalah salah sesuatu kebun binatang tertua yg pernah berdiri di Australia. Dibuka secara resmi pada 7 Oktober 1916, Kebun Binatang Taronga ketika ini telah berusia 100 tahun lebih.

Meski usianya telah termasuk tua, tapi penampakan kebun binatang ini justru jauh dari kesan tersebut. Desain kebun binatang justru sangat kekinian. Tak heran bila kebun binatang ini justru didominasi oleh anak-anak muda usia sekolah, serta keluarga muda yg anaknya masih kecil-kecil.

Pemandangan seperti itulah yg detikTravel lihat akhir minggu dahulu ketika berkunjung ke Taronga Zoo. Atas undangan kerja sama maskapai Garuda Indonesia dan Tourism Australia (Destinastion New South Wales), detikTravel diajak ke berbagai destinasi wisata di Sydney, termasuk juga Kebun Binatang Taronga.

Selamat tiba di Kebun Binatang Taronga, Sydney (Wahyu/detikTravel)Selamat tiba di Kebun Binatang Taronga, Sydney (Wahyu/detikTravel)

Perjalanan buat menuju ke Taronga Zoo dimulai dari Pelabuhan Watson Bay. Ya, salah sesuatu moda transportasi buat menuju ke kebun binatang ini adalah dengan memakai water taxi. Jarak tempuhnya sekitar kurang lebih 15 menit, lebih pendek dari pada harus menempuh perjalanan darat.

Kebun Binatang Taronga memang sedikit unik, terletak di Dataran Tinggi Mosman, alih-alih naik mobil, menuju ke sini kami dapat naik ferri dengan pemandangan Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge yg terkenal itu. Di sana pun telah disediakan Pelabuhan Taronga Zoo buat melayani para penumpang yg mulai berwisata ke sini. Biaya tiketnya sekitar AU$ 8,7 (setara Rp 89 ribu) sekali jalan.

Begitu sampai, kita pun segera disambut Paul, salah sesuatu staff Kebun Binatang Taronga buat kemudian diajak naik gondola. Ya, keunikan kedua dari kebun binatang ini adalah kami mulai naik gondola menuju ke tempat satwa-satwa, sekaligus menikmati pemandangan indah kebun binatang dari ketinggian.

“Kenapa gondola? Karena Taronga Zoo letaknya berada di atas bukit, agak sedikit tinggi. Jalan kaki sebenarnya juga bisa, tetapi mulai lebih gampang kalau ke atasnya naik gondola, baru nanti turunnya jalan kaki, daripada sebaliknya. Kamu nanti mampu kelelahan,” ujar Paul kepada detikTravel.

Naik gondola di Taronga Zoo (Wahyu/detikTravel)Naik gondola di Taronga Zoo (Wahyu/detikTravel)

Tak sampai 10 menit, gondola telah selesai mengantarkan kalian ke bagian tengah Kebun Binatang seluas kurang lebih 28 hektar ini. Naik gondolanya gratis lho traveler! Baru dari terminal gondola, kalian dapat berjalan-jalan ke berbagai area kebun binatang bagi melihat aneka koleksi satwa di sana.

Ada kurang lebih 350 macam satwa yg jadi koleksi di Kebun Binatang Taronga. Jumlah individunya sendiri mencapai kurang lebih 4.000 ekor satwa. Dari akan satwa khas Australia, sampai yg khas Asia seperti gajah serta harimau sumatera.

Karena satwa Asia telah biasa kalian lihat, segera saja kita diajak ke bagian satwa-satwa khas Australia. Kandang pertama yg kita tuju tentu saja punya koala, hewan super lucu yg hobinya tidur. Kami pun segera disambut oleh Stephanie, salah sesuatu penjaga kandang koala yg mulai menjelaskan tentang hewan unik ini.

“Koala adalah hewan yg sangat lucu dan imut. Dia mampu tidur selama hampir 18-20 jam dalam sehari. Kalau telah tidur, dia mulai seperti ini posisinya, memeluk pohon. Sudah, tak mulai berganti-ganti posisi dan tak mulai jatuh juga,” ujar Stephanie.

Koala yg sangat imut dan lucu (Wahyu/detikTravel)Koala yg sangat imut dan lucu (Wahyu/detikTravel)

Koala, si tukang tidur bernama Darwin ini memang harus banyak tidur guna mencerna makanan yg jadi kesukaannya, merupakan daun eucalyptus. Daun eucalyptus dikenal milik nilai energi yg rendah, sehingga butuh waktu lama buat dicerna koala. Jadinya kalian mulai melihat, Koala menghabiskan hampir 3/4 waktu hidupnya cuma bagi tidur mencerna daun eucalyptus.

Saat sedang tidur, koala ini sungguh menggemaskan. Pengunjung diizinkan bagi berfoto dengan koala ini, yang berasal dengan catatan tak memakai lampu flash, serta sama sekali tak boleh menyentuh si koala, karena pasti mulai membuatnya bangun dan segera stress.

“Kalau kalian berbicara seperti ini, dia mungkin mendengar, tetapi dia tak mulai terganggu. Ini masih dalam level aman. Kecuali kalau menyentuh koala, jangan pernah sekali-sekali menyentuh/memegang koala, dia dapat jadi sangat terganggu,” ujar Stephanie.

taronga5 Wisatawan dapat berfoto dengan koala ini (Arief Muhammad/Istimewa)Wisatawan dapat berfoto dengan koala ini (Arief Muhammad/Istimewa)

Selain koala, di kebun binatang ini juga ada aneka satwa khas Australia lainnya. Ada kangguru, possum (sejenis kuskus), platypus, wombat, hingga quokka. Semuanya tidak kalah imut juga dengan koala, termasuk quokka yg terus nampak seperti sedang tersenyum saat kalian ajak selfie.

Namun quokka di Kebun Binatang Taronga tak mampu diajak selfie. Kita cuma dapat melihatnya dari kejauhan, tak boleh berinteraksi langsung. Kalau mau, traveler dapat ke Rottnest Island yg memang dikenal sebagai salah sesuatu habitat quokka di Australia.

Quokka yg tidak kalah lucu (Wahyu/detikTravel)Quokka yg tidak kalah lucu (Wahyu/detikTravel)

Selain itu, masih ada juga Tasmania Devil yg benar-benar khas dari Australia. Hewan ini tak mampu dijumpai di belahan dunia manapun. Namun sayang, keberadaan satwa ini terancam punah akibat penyakit genetis yg diderita oleh kelompok hewan marsupial ini.

Untuk itu, Kebun Binatang Taronga juga terlibat dalam usaha konservasi Tasmania Devil sejak tahun 2008 silam, agar hewan ini terhindar dari kepunahan. Usaha konservasi ini termasuk mengembang biakkan Tasmania Devil, melakukan penelitian genetis, serta terakhir mengembalikan hewan ini kembali ke alam.

“Misi penting kalian di Kebun Binatang Taronga adalah wisata edukasi, termasuk di dalamnya juga ada usaha konservasi. Kita tak ingin manusia dekat dengan satwa, tapi juga terlibat dalam usaha menyelamatkan mereka dari kepunahan,” ujar Stephanie.

Pusat konservasi Tasmania Devil di Taronga Zoo (Wahyu/detikTravel)Pusat konservasi Tasmania Devil di Taronga Zoo (Wahyu/detikTravel)

Traveler yg berencana liburan ke Sydney tampaknya wajib berkunjung ke Kebun Binatang Taronga bagi mengenal satwa-satwa khas Australia dengan lebih dekat. Berwisata ke kebun binatang ini paling cocok memang bersama dengan keluarga, agar anak-anak kecil dapat mengenal aneka macam satwa dan belajar lebih dekat dengan alam.

Seusai melihat aneka satwa lucu ini, traveler dapat membeli merchandise bagi dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga tiket kebun binatang ini sekitar AU$ 46 (setara Rp 470 ribu) buat dewasa, dan AU$ 26 (setara Rp 266 ribu) buat anak-anak. Kebun Binatang Taronga sendiri buka akan pukul 09.30 sampai 16.30 waktu setempat.

(rdy/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/06/095406/3414544/1520/jumpa-aneka-satwa-asli-australia-di-kebun-binatang-taronga
Terima kasih sudah membaca berita Jumpa Aneka Satwa Asli Australia di Kebun Binatang Taronga. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jumpa Aneka Satwa Asli Australia Di Kebun Binatang Taronga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.