JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang Ke Banyuwangi

No comment 166 views

Berikut artikel JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi, Semoga bermanfaat

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Wakil Presiden Jusuf Kalla singgah ke Sanggar Genjah Arum punya Iwan Subekti, pengusaha dan peracik kopi di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kamis (15/12/2016).

Di sanggar punya pencicip kopi internasional tersebut, JK bersama rombongan mengikuti proses pembuatan kopi akan menyangrai, menggiling hingga menyeduh kopi.

JK juga menikmati jajanan tradisional dari pisang goreng, apem dan tahu petis. “Saya lama tak minum kopi. Di Banyuwangi habis beberapa gelas. Mulai digoreng, digiling di muka kita,” katanya sambil tersenyum.

(BACA: Wow… Ada Bakso Hamil dan Beranak di Banyuwangi)

Ia menyampaikan ketika ini kopi telah menjadi tren dan orang telah akan bosan ke kafe. Untuk itu dia menyarankan agar berkunjung ke daerah penghasil kopi salah satunya merupakan Banyuwangi.

“Untuk menikmati kopi asli mampu tiba ke Kemiren atau daerah yang lain seperti Gayo, Toraja. Kopi lokal Indonesia harganya lebih murah dibandingkan yg ada di kafe dan berasal dari perkebunan kopi rakyat,” katanya.

Di Desa Kemiren, JK pun berganti kostum dengan mengenakan pakaian adat Banyuwangi dengan warna serba hitam serta udeng (penutup kepala) khas Banyuwangi.

Sanggar Genjah Arum yaitu tempat ngopi yg dengan bangunan rumah khas Suku Using Banyuwangi.

Pemilik sanggar Genjah Arum memiliki koleksi kopi dari berbagai belahan dunia termasuk kopi osing, yg yaitu asli Banyuwangi.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/16/100600727/jk.kalau.mau.kopi.asli.datang.ke.banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang Ke Banyuwangi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.