Jepang? Bukan, Ini Sakura Di Kebun Raya Cibodas

No comment 126 views

Berikut artikel Jepang? Bukan, Ini Sakura di Kebun Raya Cibodas, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bunga Sakura sangat identik dengan Jepang, karena yaitu bunga nasional dari Negeri Matahari Terbit itu. Tapi di Cibodas, kalian juga dapat lihat sakura!

Banyak orang memimpikan mampu ke Jepang cuma buat melihat bunga sakura terutama di ketika musim semi merupakan sekitar akhir bulan Maret hingga akhir Juni.

Namun, kini buat melihat kecantikan bunga sakura tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Di Indonesia tepatnya Kebun Raya Cibodas, anda mampu menyaksikan bunga-bunga sakura bermekaran terutama di bulan Januari hingga Februari.

Informasi tentang mekarnya bunga sakura di Kebun Raya Cibodas aku ketahui dari laman Facebook Kebun Raya Cibodas (KRC). Di pekan keempat Februari, pihak pengelola laman tersebut mengunggah foto bunga-bunga sakura yg sedang bermekaran.

Tertarik melihatnya secara langsung, aku pun menetapkan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Untuk menuju Kebun Raya Cibodas dari Jakarta sangatlah mudah. Dari Terminal Kampung Rambutan, anda cukup cari bus yg mengarah ke Cianjur via Puncak, turun di pertigaan Cibodas atau sebelum RSUD Cimacan dahulu dilanjutkan dengan naik angkot berwarna kuning dan turun tepat di depan pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Untuk masuk ke dalam Kebun Raya Cibodas kalian harus membeli tiket masuk dengan harga yg terjangkau merupakan Rp 9.500

Untuk melihat bunga sakura kami mampu mendatangi Taman Sakura yg yaitu salah sesuatu dari koleksi taman yg ada di Kebun Raya Cibodas. Taman Sakura ini dibangun pada Maret-Desember 2007 dengan luas 6.647 meter persegi.

Taman ini dibangun memakai konsep Japanese style dan berada di lokasi yg cukup strategis. Koleksi yg terdapat di Taman Sakura ada 4 macam merupakan Prunus cerasoides D. Don, Prunus arborea (Blume) Kalkman, Prunus costata (Hemsl) Kalkman, dan Prunus Sp.

Jenis Prunus cerasoides dapat berbunga 2 kali dalam setahun, merupakan sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Munculnya bunga sakura sangat dipengaruhi oleh hujan dan suhu udara.

Selain di Taman Sakura, pohon sakura juga dapat dijumpai di sekitar danau, di depan Kafe Kebun Raya Cibodas (Kavling Q2) dan di depan rumah kaca.

Pohon sakura yg berada di depan Kafe Kebun Raya Cibodas yaitu pohon sakura yg pertama kali ada disini. Pohon ini ditanam pada masa penjajahan Belanda tahun 1938, oleh peneliti Belanda.

Memang dari bentuknya pun telah kelihatan karena pohon sakura di depan kafe Kebun Raya Cibodas memiliki ukuran yg paling besar dan tinggi diantara yg lainnya. Ketika aku kunjungi pohon ini sudah mekar sepenuhnya.

Dari kejauhan ia telah menampakan kecantikannya, sebuah pohon dengan ranting-ranting berhiaskan bunga sakura berwarna merah muda di tengah warna hijau rerumputan dan pohon-pohon tua koleksi KRC.

Keindahan bunga sakura di KRC mampu dinikmati sekitar 4 hari dan lamanya pembungaan dari sejak tumbuh kuncup hingga gugur adalah sekitar 1 minggu. Jadi tunggu apalagi, ayo ke Kebun Raya Cibodas!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/28/111400/3433231/1025/jepang-bukan-ini-sakura-di-kebun-raya-cibodas
Terima kasih sudah membaca berita Jepang? Bukan, Ini Sakura di Kebun Raya Cibodas. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jepang? Bukan, Ini Sakura Di Kebun Raya Cibodas"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.