Jembatan Cirahong, Destinasi Favorit Ngabuburit Di Ciamis

No comment 140 views

Berikut artikel Jembatan Cirahong, Destinasi Favorit Ngabuburit di Ciamis, Semoga bermanfaat

detikTravel Community Р 

Ngabuburit di Ciamis, traveler dapat main ke Jembatan Cirahong. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, berburu foto di sini tampaknya oke juga.

Jembatan Cirahong terkenal karena bangunannya yg kokoh. Membenteng sepanjang 800 meter melintas Sungai Cirahong yg menghubungkan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Bagian lambung jembatan menjadi jalan alternatif warga dari Ciamis ke Tasikmalaya begitu pula sebaliknya.

Jika tak melalui jembatan ini, menuju beberapa desa yg bertetangga itu harus berputar melalui Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh perjalanan 1 jam.

Aslinya, jembatan Cirahong yaitu jembatan Kereta Api di bagian atasnya, menghubungkan jalur Kereta Api pulau Jawa bagian selatan yg membentang dari Surabaya sampai Jakarta.

Lokasi jembatan cukup unik. Menurut penjaga perlintasan, setengah jembatan memasuki wilayah adminsitratif Desa Panyingkiran Kabupaten Ciamis dan setengah jembatan memasuki wilayah Desa Cilangkap Kec. Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Karena pemandangannya yg indah, Jembatan Cirahong jadi favorit para fotografer. Momentum yg tepat mampu mengambil gambar kereta yg sedang melintas nyaris seperti terbang di angkasa, karena tingginya jembatan tersebut.

Posisi paling strategis memotret jembatan, dari Timur yg masuk wilayah Kabupaten Ciamis. Terdapat bukit kecil, di mana jembatan kereta berada di depan mata. Dari posisi ini banyak sekali foto-foto jembatan yg beredar di internet begitu artistik.

Konstruksi bangunan juga menjadi perhatian para juru foto. Balok-balok beton mencakar bumi, tersambung konstruksi baja melengkung dan tegak lurus. Menurut dua sumber, jembatan Cirahong dibangun tahun 1893 oleh penjajahan Belanda.

Jembatan juga mulai kelihatan indah dari bagian bawah, sebalah Utara atau sebelah Selatan. Untuk bagian Barat terdapat jalan kecil berupa tangga, yg sehari-hari digunakan warga bagi jalan menuju MCK.

Jalan ini mampu digunakan pengunjung buat melihat dari bawah jembatan yg membentang di atasnya. Hanya saja dari bagian selatan, jembatan sulit dilihat kecuali turun sampai dasar sungai. Di sini cuma terdapat jalan kecil yg biasa digunakan warga buat berkebun atau kesawah.

Selama bulan puasa, jembatan Cirahong menjadi favorit warga ngabuburit. Menurut Didi penjaga perlintasan, akan pukul 4 hingga magrib tiba, seputar jembatan dipenuhi warga. Pemandangan mulai kelihatan indah saat matahari mulai terbenam.

Menuju jembatan Cirahong sangat mudah. Dari Kota Tasikmalaya berjarak sekitar 15 kilo meter. Setibanya di Alun-Alun Manonjaya atau masjid Agung Maonjaya  ada jalan ke sebelah kiri sekitar 2 kilo meter. Lebih leluasa seandainya memakai kendaraan sendiri, baik sepeda motor atau mobil karena tak ada angkutan umum yg segera menuju Jembatan Cirahong.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/24/153900/3239521/1025/jembatan-cirahong-destinasi-favorit-ngabuburit-di-ciamis
Terima kasih sudah membaca berita Jembatan Cirahong, Destinasi Favorit Ngabuburit di Ciamis. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jembatan Cirahong, Destinasi Favorit Ngabuburit Di Ciamis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.