Jelajah Asyik Hutan Kalimantan Tengah Dari Desa Lopus

1 comment 187 views

Berikut artikel Jelajah Asyik Hutan Kalimantan Tengah dari Desa Lopus, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pulau Kalimantan mempunyai daya tarik kuat buat traveler. Alam yg masih asri dan habitat hutan yg masih terjaga dapat dijelajahi dari Desa Lopus, Kalteng.

Perjalanan menguras daya terbayar lunas oleh pesona rimba yg menawan, aku lakukan bersama teman-teman. Saya dan beberapa orang teman dari Jakarta menuju Desa Lopus yg terletak di Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah. Meskipun terletak di tengah rimba Kalimantan, Desa Lopus gampang diakses.

Dari Jakarta menuju Pangkalan Bun mampu memakai pesawat atau kapal laut. Selanjutnya dari Pangkalan Bun ke Desa Lopus Kecamatan Delang dapat ditempuh dengan kendaraan umum bus, atau carter kendaraan dengan waktu tempuh selama 4 jam.

Kondisi jalan dari Pangkalan Bun menuju Desa Lopus memakai jalan trans Kalimantan cukup mulus. Rata-rata per menit cuma ketemu 2-10 kendaraan. Jalan yg sepi, mulus, dan pemandangan alam di sepanjang perjalanan membuat 4 jam tak terasa.

Traveler yg ingin melakukan jungle trekking atau lintas rimba di hutan Desa Lopus tak mampu sembarangan masuk. Masyarakat desa Lopus yg sebagian besar adalah suku Dayak Tomun mempunyai tradisi dan adat istiadat yg sangat baik dan masih terjaga. Traveler sebaiknya menghormati kearifan lokal ini.

Sebelum memasuki hutan, traveler sebaiknya melaporkan diri ke Pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Lopus. Traveler tak perlu kaget seandainya masyarakat menyediakan welcome drink berupa tuak buatan sendiri. Minuman beralkohol ini mulai membuat badan jadi hangat.

Dari para pengurus, traveler mulai mendapat arahan persiapan dan saran ketika berada di hutan. Hutan di Desa Lopus masih asri dan terjaga. Pepohonan besar gampang ditemui, binatang penghuni hutan seperti babi hutan, rusa, macan dahan, landak, dan berbagai primata masih berkeliaran dengan bebas dan mulai terdengar suaranya sepanjang perjalanan di tengah hutan. Untuk menjaga keselamatan maka sebaiknya traveler yg tiba mengikuti dan menghormati adat istiadat dan kebiasaan yg berlaku.

Tatua adat di desa Lopus biasanya mulai mengadakan ritual adat kecil buat traveler yg mulai memasuki hutan. Ritual adat yg dikenal dengan ‘ikat tongang’ tersebut disimbolkan dengan memberi ikatan gelang dari bahan alam sebagai lambang perlindungan buat traveler dari bahaya yg dapat terjadi.

Perjalanan melintasi hutan perlu didampingi pemandu dari masyarakat. Pokdarwis sebagai pengelola wisata di Desa Lopus telah membuat aturan tentang tarif dan jadwal siapa saja pemandu yg mulai mendampingi traveler. Pemandu buat masuk hutan di desa Lopus telah berpengalaman, mereka tak cuma hapal medan, tapi jago dalam survival.

Jangan khawatir seandainya lapar atau haus, pemandu mulai memamerkan atau mencari sumber makanan dan minuman dari hutan. Selain menikmati indahnya alam, treveler dapat sekaligus belajar ilmu survival dari Suku Dayak Tomun.

Di hutan Desa Lopus mulai kadang ditemui sungai yg sangat jernih. Sungai tersebut adalah hulu dari Sungai Jelai yg mengalir ke Kalimantan Barat. Selain sungai yg sangat jernih, traveler mulai dihadiahi pemandangan indah dari air terjun Silingan Garung.

Suara penghuni hutan mulai terdengar sepanjang perjalanan. Suara-suara hewan tersebut seperti orkes simponi yg menyajikan musik alam. Jika traveler memilih berkunjung ke hutan Desa Lopus pada bulan Februari dan Maret, maka traveler dipastikan mulai dapat menikmati durian sepuasnya. Durian di hutan Desa Lopus sangat melimpah, dan tentu saja kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Rekomendasi rincian kegiatan bagi melakukan wisata jungle trekking di desa Lopus adalah sebagai berikut :

Hari 1 : Perjalanan dari Jakarta atau kota yang lain menuju Pangkalan Bun, tiket pesawat pada ketika normal dari Jakarta-Pangkalan Bun sekitar Rp 600.000 – 800.000, dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam.  Kemudian dilanjutkan dengan bus, travel atau sewa kendaraan. Tarif bagi sewa kendaraan dari Pangkalan Bun menuju Desa Lopus adalah Rp  800.000-1.200.000 tergantung negosiasi. Setelah sampai Desa Lopus maka traveler disarankan bagi menginap semalam di Guest House dengan tarif Rp 50.000 per orang. Jangan lupa buat berjalan-jalan menikmati suasana sore hari di perkampungan Suku Dayak Tomun.

Hari 2 dan 3: Perjalanan menuju hutan, seandainya ingin mencapai titik terjauh air terjun Silingan Garung maka jarak yg ditempuh adalah 15 km, dengan medan yg beragam dan waktu tempuh antara 4-8 jam tergantung cuaca dan keadaan fisik traveler. Disarankan buat menginap di camp sebelum air terjun Silingan Garung, tepatnya di KM 12.

Menikmati malam di hutan Desa Lopus ibarat uji nyali, karena mulai ditemani aneka hewan liar yg terasa dari suara-suaranya di dekat kita. Tidak perlu khawatir karena pemandu mulai menjaga kesalamatan kami dengan baik.

Pagi hari mampu kembali melakukan perjalanan kembali dan perkiraan sampai ke Desa Lopus sekitar siang atau sore hari. Traveler mampu segera menuju dan menginap di Pangkalan Bun atau menginap di Guest House dulu melanjutkan perjalanan ke Pangkalan Bun esok hari.

Hari ke 4: Traveler yg menginap di Pangkalan Bun bisa kembali ke Jakarta dengan pesawat pagi, dan traveler yg sebelumnya menginap di guest house Desa Lopus bisa melanjutkan perjalanan ke Pangkalan Bun dan melakukan penerbangan ke Jakarta pada siang atau sore hari.

Perkiraan Biaya :

Pesawat Jakarta – Pangkalan Bun PP : Rp 1.800.000, alternatif lainnya adalah dengan memakai kapal laut dari Jakarta-Pelabuhan Kumai.

Sewa Kendaraan Pangkalan Bun – Desa Lopus PP : Rp 1.600.000, alternatif lainnya adlaah dengan memakai Bus Damri atau Travel namun perlu dipastikan jadwalnya.

Guest House 2 malam : Rp 100.000, Kas Desa : Rp 100.000, Pemandu/Porter: Rp 150.000 / orang, biasanya dalam sesuatu tim perlu 1 pemandu dan 1 porter. Konsumsi Rp 250.000-500.000, tergantung kebiasaan dan kebutuhan.

Jungle Trekking di hutan Kalimantan memang memerlukan biaya yg lumayan karena faktor transportasi. Namun dengan berpergian bersama-sama teman apalagi seandainya memakai tranportasi alternatif yg lebih murah maka biaya tersebut mampu terjangkau.

Akhirnya yakinlah bahwa usaha dan daya yg dikeluarkan traveler mulai terbayar lunas dengan kepuasaan dan pengalaman menikmati hutan Kalimantan yg penuh pesona tidak terlupakan. Selamat mencoba!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/09/111900/3303655/1025/jelajah-asyik-hutan-kalimantan-tengah-dari-desa-lopus
Terima kasih sudah membaca berita Jelajah Asyik Hutan Kalimantan Tengah dari Desa Lopus. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:
  1. author

    Turisno Kiki3 years ago

    seelumnya tau info dari mana mas tentang desa lopus. kok bisa sampe dtang ksesana?

    Reply

Leave a reply "Jelajah Asyik Hutan Kalimantan Tengah Dari Desa Lopus"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.