Jatuh Hati Dengan Kota 1.001 Gua

No comment 163 views

Berikut artikel Jatuh Hati dengan Kota 1.001 Gua, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –

Inilah Pacitan di Jawa Timur yg dijuluki Kota 1.001 Gua. Tak cuma gua-gua saja, masih banyak bentang alam di sana yg ciamik!

Banyak orang yg menyampaikan wisata yg indah cuma ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung, dan lainnya. Tapi tak banyak yg tahu bahwa Pacitan juga kini menjadi salah sesuatu julukan wisata oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Kota yg berada di wilayah ujung barat daya Jawa Timur ini memiliki berbagai keindahan alam berupa pantai, gua, dan pemandian air hangat.

Saya dan keluarga pun tertarik bagi menikmati pesona dari Kota 1.001 Gua tersebut. Perjalanan aku kali ini mampu dikatakan sebagai salah sesuatu perjalanan yg membutuhkan usaha keras karena ketika itu memang sedang libur hari besar Tahun Baru Imlek. Perjalanan Surabaya-Nganjuk pun aku tempuh dalam kurun waktu 6 jam lamanya.

Setibanya di Nganjuk, aku berpindah kendaraan memakai Bus Pariwisata yg ternyata telah terisi penuh oleh keluarga besar saya. Tepat pukul 2 pagi, kita berangkat menuju Pacitan. Dan lagi-lagi, kemacetan menjadi penghambat perjalanan wisata saya. Waktu tempuh yg seharusnya cuma sekitar 4 jam perjalanan pun menjadi 8 jam perjalanan.

Tetapi, perjalanan yg cukup lama dan melelahkan itu bisa terbayar begitu kalian sampai di Gua Gong. Gua ini yaitu salah sesuatu gua yg ada di Pacitan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Lagi-lagi usaha kalian pun diuji saat mulai memasuki mulut gua. Banyaknya pengunjung yg menyesaki tempat ini membuat aku dan dua saudara mengurungkan niat bagi memasuki gua ini.

Tetapi aku sempat memasuki dua ruangan dari total tujuh ruangan yg ada di gua ini. Meskipun aku tak sanggup memasuki semua ruangan, aku tetap takjub dengan apa yg aku lihat di ruangan-ruangan Gua Gong ini. Banyaknya stalaktit dan stalakmit yg disinari oleh lampu warna-warni membuat keindahan gua ini semakin menyala. Gua ini sama sekali tak membuat aku kecewa berkunjung ke Pacitan.

Setelah menikmati Gua Gong, kita melanjutkan perjalanan menuju Pantai Klayar. Bagi dua orang, pantai hanyalah sebuah pantai. Tapi buat aku yg memang sangat menyukai pantai, aku sungguh kagum dengan tempat ini. Meskipun banyak pengunjung, pantai yg berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah ini kelihatan cukup bersih dan perawan. Tidak banyak sampah di sekitarnya, yg ada hanyalah pasir pantai yg terbawa oleh pengunjung saat mulai membersihkan badan menuju kamar ganti. Dan lagi-lagi aku puas saat berada di kota Pacitan.

Waktu memperlihatkan pukul 7 malam saat aku datang di salah sesuatu pemandian air hangat, Tirto Husodo. Awalnya aku merasa malas bagi mengunjungi tempat ini. Tapi kemudian aku mulai sangat menyesal seandainya tak coba sensasi berendam air hangat di malam hari.

Dan benar saja. Semua pegal yg aku rasakan saat awal perjalanan dari Surabaya hingga Pacitan, segala lelah aku setelah berjam-jam duduk di kendaraan hilang begitu saja saat aku masuk ke dalam kolam air hangat tersebut. Tapi sayang, aku tak sempat mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto karena telah terlalu lelah. Meskipun begitu, dari semua destinasi wisata yg sudah aku kunjungi, Pacitan sudah membuat aku jatuh hati dan ingin kembali kesana bagi mengunjungi destinasi-destinasi lainnya.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/19/134000/3424356/1025/jatuh-hati-dengan-kota-1001-gua
Terima kasih sudah membaca berita Jatuh Hati dengan Kota 1.001 Gua. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.