Jasa Foto Keliling Di Tempat Wisata, Riyawatmu Kini…

No comment 184 views

Berikut artikel Jasa Foto Keliling di Tempat Wisata, Riyawatmu Kini…, Semoga bermanfaat

BOGOR, KOMPAS.com – Dahulu, fotografi jadi barang mewah yg hasilnya bisa diperjualbelikan dengan mudah. Mengabadikan momen dalam sebuah foto terasa begitu langka di zaman lawas.

Kini segala orang bisa menjadi fotografer didukung oleh kamera handphone yg semakin canggih. Jasa fotografer keliling di tempat wisata tidak lagi begitu diminati. Profesi ini mati suri di dua obyek wisata. Benarkah demikian?

Kenyataannya hal itu tak terjadi di Kebun Raya Bogor. Saat KompasTravel berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Jumat (8/7/2016), tampak banyak fotografer keliling yg menawarkan jasa foto kepada pengunjung.

Salah satunya adalah Indra Rusheru. Bersama dengan istrinya, Eemnurhayati, Indra sigap memotret pengunjung Kebun Raya Bogor.

“Saya telah sepuluh tahun lebih memotret di sini. Awalnya dari kamera polaroid dulu. Waktu telah kurang, aku lansung ganti digital Kodak 4R. Rekan-rekan belum ada yg pakai waktu itu. Sekarang pakai printer ini,” ungkap Indra.

Peralatan fotografi Indra dan Eemnurhayati memang patut diacungi jempol. Keduanya memiliki mesin cetak foto portable yg segera bisa mencetak foto dengan cara transfer dari kamera ke printer via jaringan Wifi.

Pengunjung boleh memilih ukuran foto dengan pilihan ukuran terbesar adalah A4. Selain itu kamera yg digunakan oleh Indra juga tergolong kamera profesional dengan merek ternama.

“Modal bagi kamera dan printernya sesuatu paket sampai Rp 15 juta. Belum tinta printer dan kertas fotonya,” kata Indra.

Inilah cara Indra mampu mempertahankan profesinya, meskipun digerus oleh perkembangan zaman. “Dulu tukang foto dicari sekarang kalian yg nyari konsumen. Harus mengikuti teknologi yg baru seperti alat cetak Wifi ini. Juga perbanyak tempat usaha, jangan cuma satu,” saran Indra.

Indra dan istri ternyata juga membuka usaha rental fotografi bagi memperluas usahanya. “Kadang kami foto nikahan, reunian juga,” ungkap Indra.

Dalam sehari Indra bisa mengantungi Rp 200.000 dari jasanya memotret di Kebun Raya Bogor. “Kadang Rp 100.000, sering malah tidak ada sama sekali. Lebaran hari kedua ini menurun jadi Rp 500.000, tahun dulu mampu Rp 1 juta,” ungkap Indra.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/09/160000827/jasa.foto.keliling.di.tempat.wisata.riyawatmu.kini.
Terima kasih sudah membaca berita Jasa Foto Keliling di Tempat Wisata, Riyawatmu Kini…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jasa Foto Keliling Di Tempat Wisata, Riyawatmu Kini…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.