Jangan Ngaku Anak Gaul Padang, Kalau Belum Coba Minuman Ini

No comment 96 views

Berikut artikel Jangan Ngaku Anak Gaul Padang, Kalau Belum Coba Minuman Ini, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Padang pasti tidak dapat dilepaskan dari dunia kuliner. Kalau ke Padang, traveler mesti mencoba Kopmil. Inilah minuman hits anak muda gaul di Padang.

Belum lengkap bila liburan ke Kota Padang, tetapi tak bertadang ke Kawasan Pondok buat mencoba minuman gaul anak mudanya, merupakan Kopmil. Kawasan ini yg dikenal dengan daerah yg memiliki nuansa negeri tirai bambu dan menjadi salah sesuatu pusat berkumpulnya para kawula muda.

Lokasi tepatnya berada di Kawasan Kota Tua, jalan Kelenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat. Kopmil ini singkatan dari campuran minuman Kopi dan Milo. Minuman ini telah booming sejak tahun 2011 lalu.

Kopmil yg terkenal di sini adalah Kopmil Om Ping, yg pemiliknya bernama Sufyanto alias Om Ping, dia yg meracik dan menggagas minuman ini. Sebenarnya Om Ping sendiri tak memberi nama Kopmil melainkan Kopi Milo, namun para mahasiswa yg memberikan nama itu, mungkin karena mereka tidak jarang beli dan nongkrong di tempatnya.

Kini hampir tiap kedai penjual minuman di Kota Padang tersedia menu kopmil. Bahkan telah menyebar ke dua daerah di Sumatra Barat lainnya hingga kota-kota besar seperti Pekanbaru, Jakarta dan Bandung. Namun tetap saja kopmil di Jalan Kelenteng ini terus ramai diburu, terutama bila weekend atau hari libur besar.

Coba saja tiba saat sore hari ke kawasan jalan Kelenteng ini. Bila cuaca cerah dan hari libur, pasti telah ramai. Apalagi bila malam sudah tiba. Kopmil ini lumrahnya disajikan dengan kantong plastik.

Minuman tersebut dibungkus plastik putih diberi pipet (sedotan), kemudian diikat dengan karet dan dibungkus dengan kantong kresek (kalo Om Ping plastiknya dengan label miliknya sendiri).

Karena penjual kopmil ini tak memilik ruang yg cukup buat melayani pembeli yg ingin minum langsung, maka kopmil yg dibungkus ini menjadi pilihannya. Siapa sangka, ternyata hal itu yg menjadi trennya ketika ini.

Sudah menjadi sebuah tradisi buat saya, bila berkenalan dan janjian dengan teman baru terus mengajak pergi nongkrong sambil minum kopmil. Saya mengenal kopmil sejak tahun 2012. Terkadang bila bosan dan tak ada aktivitas yg berarti terus ke sini.

Kopmil mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat, terutama untuk kaula muda Kota Padang. Selain karena rasa dan hargannya yg terjangkau, tetapi karena menjadi ajang pergaulan. Satu bungkusnya hanya Rp 10 ribu.

Bagi aku kopmil dan kelenteng memiliki cerita tersendiri. Minum kopmil sembari duduk-duduk manja di depan Kelenteng See Hien Kiong atau di depan Rumah Duka Himpunan Bersatu Teguh (HBT).

Tidak kopmil saja yg ada di Jalan Kelenteng ini, tersedia juga minuman lainnya dengan citarasa yg berbeda dan tetap enak juga kok, seperti ada cadburry, kopal (kopi ovaltine), cappuccino, koffemix, kopi, teh talua hingga berbagai macam jus. Bila lapar dapat juga mencicipi sate, mie rebus, nasi goreng, minas (mie nasi goreng) hingga ada juga lotek. Tenang harganya terjangkau juga kok.

Ingin minum kopmil? ya harus dibungkus. Mau sambil nongkrong? ya duduknya mulai lebih seru di kelenteng. Karena kopmil dan kelenteng tak mampu dipisahkan. Meski kesannya nongkrong di pinggir jalan tetap saja kawasan kelenteng ini dapat menjadi daya tarik tersendiri buat menjadi pilihan wisata kuliner gaul dan heritage di Kota Padang.

Artinya, seandainya pelesiran ke kota Padang tidak afdol loh, kalo belum minum kopmil sambil nongkrong ala-ala anak geholnya Padang. Coba deh siapa tahu pulangnya dapet gebetan baru.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/07/101800/3264443/1025/jangan-ngaku-anak-gaul-padang-kalau-belum-coba-minuman-ini
Terima kasih sudah membaca berita Jangan Ngaku Anak Gaul Padang, Kalau Belum Coba Minuman Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jangan Ngaku Anak Gaul Padang, Kalau Belum Coba Minuman Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.