Jangan Ke Pulau Komodo Di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan

Berikut artikel Jangan ke Pulau Komodo di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan, Semoga bermanfaat

Labuan Bajo – Siapa yg tidak mau lihat komodo secara langsung? Naga Purba ini gahar dan bikin bulu kuduk merinding. Namun, ada waktu tertentu ketika komodo menghilang.

detikTravel pada minggu dulu dari tanggal 26-29 Oktober 2016 tiba ke Labuan Bajo, NTT dalam acara ‘Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia’. Selama 4 hari perjalanan, hampir seluruh destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Hari Kamis (27/10) dua minggu lalu, detikTravel menjelajahi Pulau Komodo. Dipandu oleh ranger bernama Abdullah dan masyarakat setempat Ardiansyah atau yg akrab disapa Ian, kita mengambil rute Medium Trekking, sampai ke Regata Hill.

Selama perjalanan, banyak komodo yg terlihat. Jika tak teliti, perawakan komodo ini seperti seongok kayu saja. Maka oleh sebab itulah, pengunjung di Pulau Komodo harus ekstra waspada selama trekking dan harus terus di dekat ranger.

“Komodo dapat ditemukan di mana saja di Pulau Komodo ini, sampai di pinggir pantai pun ada. Tapi, jangan tiba ke Pulau Komodo ketika musim kawin ya,” ujar Ian.

Mengapa begitu, Ian melanjutkan, ketika musim kawin komodo mulai masuk lebih dalam ke hutan. Para jantan mulai berlomba-lomba mencari dan bertarung bagi mendapatkan si betina.

“Saat musim kawin, komodo mulai masuk ke wilayah hutan yg lebih dalam. Mereka menghindari mahluk lain, dan di sanalah mulai banyak duel sesama komodo jantan,” papar Ian.

Saat duel, komodo mulai saling menyerang dengan kuku. Kukunya cukup tajam dapat membuat luka cukup parah. Asal tahu saja, perbandingan komodo jantan dan betina itu 3 banding 1, makanya mereka bersaing.

BACA JUGA: Bagaimana Membedakan Komodo Jantan dan Betina?

Lalu kapan musim kawin itu, Ian?

“Musim kawin biasanya bulan Agustus ketika puncak-puncaknya dan bulan September adalah musim komodo betina bertelur. Pernah waktu itu aku bawa bule di Pulau Komodo tetapi dia menyesal katanya nggak melihat komodo sesuatu ekor pun,” kenang Ian.

Jadi ada baiknya, hindari musim kawin komodo seandainya kamu ingin berjumpa dengan Si Naga Purba ini ya! (wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/07/072000/3338798/1519/jangan-ke-pulau-komodo-di-bulan-agustus-september-mendingan-jangan
Terima kasih sudah membaca berita Jangan ke Pulau Komodo di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jangan Ke Pulau Komodo Di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.