Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah Di Candi Kidal Malang

No comment 148 views

Berikut artikel Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah di Candi Kidal Malang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Malang menyimpan pesona wisata sejarah yg mampu dikunjungi. Jalan-jalan ke Candi Kidal, traveler mampu sekalian belajar sejarah Kerajaaan Singosari yg pernah berjaya di masanya.

Sebagai seorang Mahasiswa jurusan Sejarah, telah tentu seandainya ingin jalan-jalan harus berbau edukasi sejarah. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Sebagai contoh merupakan Candi Kidal di Malang

Candi Kidal yaitu candi yg terletak di daerah Tumpang, Kabupaten Malang. Candi ini yaitu peninggalan dari Kerajaan Singosari yg ditujukan bagi pendarmaan Raja Singosari yg kedua, merupakan Raja Anu Sapati.

Candi Kidal yaitu menjadi tempat tujuan jala-jalan aku dan teman-teman, Karena memang candi ini memiliki keunikan tersendiri. Misalnya dari arsitekturnya yg luar biasa terbuat dari batuan andesit.

Uniknya lagi, candi ini yaitu perpaduan antara sistem percandian dari candi yg ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena candi ini membelakangi Gunung Semeru atau menghadap ke Gunung Merapi yg ada di Jawa Tengah. Berbeda dengan candi lainnya di Jawa Timur yg menghadap ke Gunung Semeru. Meskipun begitu bagi arsitekturnya sendiri masih memakai sistem percandian Jawa Timur khas penginggalan Kerajaan mataram Wangsa Isyana.

Candi ini memang tak banyak diketahui oleh orng-orang umum. Berbeda dengan Candi Borobudhur yg telah sangat terkenal. Tetapi memang candi ini memang sangat keren sekali, seandainya kalian mengunjungi candi ini dan memerhatikannya secara seksama.

Selain arsitektur, Candi Kidal memiliki sejarah yg menarik. Candi ini yaitu tempat pendarmaan abu dari Raja Singosari yg ke beberapa merupakan Raja Anu Sapati. Anu Sapati menggantikan ayahnya, Ken Arok.

Namun, dalam pengangkatannya sebagai raja, terdapat cerita kelam yg menyayat hati dikarenakan, Anusapati mendapatkan kedudukannya sebagai raja dengan cara membunuh Ken Arok. Sungguh memang tak pantas sebagai anak membunuh ayahnya sendiri.

Namun, kebiadaban Anusapati ini tak tanpa alasan. Anusapati bukanlah anak kandung dari Ken Arok. Anusapati adalah putra dari Ken Dedes dan Tunggul Ametung, pria yg dibunuh oleh Ken Arok dan istinya direbut oleh Ken Arok, jadi Anusapati membunuh Ken Arok, ayah angkatnya karena ia ingin balas dendam karena Ken Arok sudah membunuh ayahnya, Tunggul Ametung.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/17/102500/3220443/1025/jalan-jalan-sambil-belajar-sejarah-di-candi-kidal-malang
Terima kasih sudah membaca berita Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah di Candi Kidal Malang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah Di Candi Kidal Malang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.