Istimewanya Sate Blengong Dari Brebes

No comment 229 views

Berikut artikel Istimewanya Sate Blengong dari Brebes, Semoga bermanfaat

BREBES, KOMPAS.com – Brebes tidak cuma milik telur asin sebagai kuliner andalan. Faktanya Brebes milik sate blengong yg wajib Anda cicipi seandainya singgah ke kabupaten di Jawa Tengah ini.

Blengong sejatinya adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Jangan repot memikirkan rupa hewannya seperti apa, yg pasti ketika dimasak daging blengong sungguh nikmat!

Teksturnya mirip bebek yg memiliki serat, tetapi lebih lunak dan lembut ketika dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa.

Alhasil dengan tekstur yg nikmat ini, daging blengong cocok buat diolah menjadi sate. Salah sesuatu gerai sate blengong yg legendaris di Brebes adalah Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak. Terletak di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

Kristianto Purnomo Sate blengong masak khas Brebes, Jawa Tengah.

“Usaha ini telah dari zaman kakek aku namanya Rajak, turun ke bapak aku namanya Kasturi. Sudah 40 tahun,” ungkap Akhmad Kurniawan, generasi ketiga penerus Pondok Kupat Sate Blengong.

Menurut Akhmad, daging blengong sebenarnya sama sepeti daging bebek yg agak alot dan mampu berbau seandainya tidak diolah dengan tepat.

Bedanya di Pondok Kupat Sate Blengong miliknya, daging blengong dimasak beberapa kali. Satu kali memasak menghabiskan waktu 2,5 jam. Inilah jawaban mengapa daging sate blengong di sini sungguh lembut.

Kristianto Purnomo Kupat menu pendamping sate blengong.

Pondok Kupat Sate Blengong ini menyediakan tiga menu andalan, yakni sate bakar, sate masak, dan kupat. Sate bakar adalah sate daging blengong yg dimasak dengan cara dibakar dengan arang seperti sate pada umumnya.

Sedangkan sate masak, daging blengong direbus dengan bumbu santan dan ditusuk dengan lidi berukuran panjang. Kupat menjadi makanan pendamping dengan kuahnya yg kaya mulai bumbu dan terasa pedas.

“Selain di sini ada sesuatu lagi toko sate blengong yg telah dari awal. Dulu yg jual cuma ada dua. Sekarang telah banyak yg jual sate blengong,” kata Akhmad.

Kristianto Purnomo Sate blengong bakar khas Brebes, Jawa Tengah.

Untuk harga, sate blengong bakar dibanderol Rp 60.000 per sesuatu kodi (20 tusuk). Sedangkan sate blengong masak dibanderol Rp 6.000 per tusuk, dan seporsi kupat dihargai Rp 12.000. Pondok Sate Kupat Blengong Bapak Kasturi Rajak dibuka dari jam 12 siang sampai habis.

Saran KompasTravel, seandainya ingin menyantap sate bakar di Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak, datanglah lebih awal, sebab khusus sate bakar cuma disediakan 10 kodi alias 200 tusuk per harinya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/26/041000227/Istimewanya.Sate.Blengong.dari.Brebes
Terima kasih sudah membaca berita Istimewanya Sate Blengong dari Brebes. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Istimewanya Sate Blengong Dari Brebes"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.