Inilah Monas, Saksi Abadi Untuk Aksi Damai 2 Desember

No comment 130 views

Berikut artikel Inilah Monas, Saksi Abadi Untuk Aksi Damai 2 Desember, Semoga bermanfaat

Jakarta – Hujan dan ribuan umat Islam salat Jumat bersama. Monas adalah saksi abadi dari Aksi Damai 2 Desember dan tidak mengurangi panjang daftar peristiwa utama negeri ini.

Sebagai landmark Jakarta, Monas milik sejarah panjang sampai jadi tempat langganan bagi aksi-aksi besar di negeri ini. Sejak akan dibuka pada 12 Juli 1975, Monas sudah menjadi landmark sekaligus monumen peringatan bagi mengenang perjuangan Indonesia melawan pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Monas pun sudah menjadi tempat orasi hingga wisata yg sangat populer di ibukota. Wisatawan dapat merasakan segera suasana di tempat paling bersejarah di Jakarta itu.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2016) sejarahnya pada 17 Agustus 1954 dibuat sebuah komite nasional yg bertujuan buat menggelar sayembara perancangan monumen nasional. Dari puluhan karya, cuma karya dari Frederich Silaban -maestro arsitek pembuat Masjid Istiqlal- yg disebut memenuhi kriteria.

Sayangnya karya Frederich Silaban dianggap terlalu megah dan butuh dana besar, sehingga Soekarno meminta arsitek RM Soedarsono buat melanjutkan rancangan punya Frederich. Konsep lingga yoni pun dipakai sebagai dasar atas arahan Soekarno.

Unsur kemerdekaan Indonesia yg jatuh pada 17 Agustus1945 pun ikut disertakan dalam rancangannya. Mulai dari tiang monas setinggi 17 meter dari cawan, tinggi dasar cawan hingga ruang museum yg dibuat setinggi 8 meter sesuai bulan kemerdekaan hingga pelataran tugu yg setiap sisinya memiliki panjang 45 meter.

Monas dan ondel-ondel (Rengga/detikTravel)Monas (Grandyos Zafna/detikTravel)

Selain diperkaya dengan unsur hari Kemerdekaan Indonesia, cawan Monas menjadi representasi yoni dan tugunya adalah lingga yg melambangkan kesuburan hingga alu dan lesung.

Kemudian dimulailah pembangunan Monas di atas lahan seluas 80 hektar yg mencakup Lapangan Ikada dan sekitarnya pada 17 Agustus 1961 sesuai arahan Soekarno. Pembangunan pun terbagi menjadi tiga tahapan dan memakan waktu sekitar 25 tahun.

Monas pun juga mencakup sejumlah relief yg menceritakan sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional dan Ruang Kemerdekaan. Traveler pun mampu coba naik ke daerah cawan dan Puncak Monas pada jam dan hari tertentu.

Kondisi terkini Aksi Damai 2 Desember di Monas (detikTV)Kondisi terkini Aksi Damai 2 Desember di Monas (detikTV)

Pada hari ini, Monas pun kembali menjadi saksi dari Aksi Damai 2 November. Jutaan umat Muslim dari berbagai latar belakang dan daerah tiba bagi beribadah bersama. Momen itu pun mampu digunakan buat mengagumi kemegahan Monas dan sejarahnya yg panjang.

Bagi Anda yg ikut aksi damai, jangan lewatkan momen ibadah sekalian berwisata di Monas. Landmark kebanggaan ibukota ini dibuka setiap hari kecuali Senin dan libur nasional, yakni dari pukul 08.00-16.00 WIB dan dilanjutkan pukul 19.00-22.00 WIB. (wsw/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/02/125034/3360907/1519/inilah-monas-saksi-abadi-untuk-aksi-damai-2-desember
Terima kasih sudah membaca berita Inilah Monas, Saksi Abadi Untuk Aksi Damai 2 Desember. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Inilah Monas, Saksi Abadi Untuk Aksi Damai 2 Desember"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.