Inilah Jus Pinang Dan “Sandwich” Sagu Kreasi Charles Toto Di FDS 2016

Berikut artikel Inilah Jus Pinang dan “Sandwich” Sagu Kreasi Charles Toto di FDS 2016, Semoga bermanfaat

SENTANI, KOMPAS.com – Kegiatan Festival Danau Sentani (FDS) IX akhirnya resmi ditutup oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Kamis (23/6/2016) malam, di Dermaga Khalkote, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Banyak kegiatan unik yg ditampilkan dalam FDS yg diselenggarakan sejak tanggal 19 Juni lalu. Salah satunya adalah kegiatan demo masak di stan punya Papua Jungle Chef Charles Toto.

Saat ditemui sekitar pukul 14.30 WIT, Charles memperlihatkan kebolehannya memasak sandwich sagu. Biasanya menu ini memakai roti yg terbuat dari tepung terigu. Namun, Charles memakai tepung sagu bagi membuat roti sandwich.

Setelah itu, dia memakai bahan dalam sandwich adalah ikan asar dan tomat. Ikan asar adalah ikan cakalang yg dimasak dengan cara diasapi hingga benar-benar kering. Jajanan ini biasanya ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jayapura.

Selain sandwich sagu, Charles bersama beberapa asistennya juga membuat jus berbahan dasar pinang. Biasanya masyarakat Jayapura lebih kadang mengunyah pinang bersama sirih hingga berwarna merah di dalam mulut.

Seusai memasak, Charles mengatakan, antusiasme pengunjung melihat aksi demo memasak makanan khas Papua cukup tinggi.

“Sejak pembukaan festival, jumlah pengunjung ke stan kalian mampu mencapai 50 orang per hari. Sebab, baru pertama kali Papua Jungle Chef tampil di kegiatan ini,” ungkap Charles.

Ia pun menuturkan, aneka makanan dan minuman yg memakai bahan dasar dari hutan Papua juga mengandung banyak manfaat buat kesehatan, seperti jus pinang.

“Berdasarkan penelitian sejumlah mahasiswa dari Universitas Kyoto, yang berasal Jepang, ternyata pinang mengandung zat yg mampu mengatasi dua persoalan kesehatan wanita seperti keputihan,” kata laki-laki yg meraih juara pertama lomba demo masak dalam Festival Kuliner Nusantara yg digelar Kementerian Pariwisata pada 16 April 2016.

Charles pun mengharapkan agar dalam FDS pada tahun depan lebih mengoptimalkan potensi pemanfaatkan hasil hutan Papua seperti sagu buat menghasilkan kuliner lokal kepada para pengunjung.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/24/092331727/inilah.jus.pinang.dan.sandwich.sagu.kreasi.charles.toto.di.fds.2016
Terima kasih sudah membaca berita Inilah Jus Pinang dan “Sandwich” Sagu Kreasi Charles Toto di FDS 2016. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Inilah Jus Pinang Dan “Sandwich” Sagu Kreasi Charles Toto Di FDS 2016"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.