Inikah Jembatan Tertua Di Sumatera Utara?

No comment 102 views

Berikut artikel Inikah Jembatan Tertua di Sumatera Utara?, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Petualangan Akhir Pekan ke Jembatan Tertua di Sumatera Utara

Jembatan Parhitean menghubungkan Desa Parhitean di Kabupaten Toba Samosir dengan Desa Tangga di Kabupaten Asahan. Inilah salah sesuatu jembatan tertua di Sumatera Utara.

Kawasan Ngarai Sigura-Gura atau dikenal juga dengan nama Lembah Asahan sangat mempesona dan menyimpan berbagai rupa keindahan di setiap sisinya. Selain pesona alamnya yg mengagumkan, di tempat ini juga terdapat sesuatu bangunan bersejarah, merupakan Jembatan Parhitean, salah sesuatu jembatan tertua di Sumatera Utara.

Jembatan Parhitean ini berada tepat di atas aliran Sungai Asahan. Ia menghubungkan antara Desa Parhitean, Kecamatan Meranti Timur di Kabupaten Toba Samosir dengan Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan di Kabupaten Asahan.

Jembatan ini adalah salah sesuatu jembatan tertua di Sumatera Utara, pembangunannya dimulai pada tahun 1936 dan selesai pada tahun 1949. Jembatan ini pun kemudian diresmikan pada tahun 1950 oleh Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta yg didampingi oleh Gubernur Sumatera, TM Hassan.

Meski setengah abad sudah berlalu, jembatan yg memiliki ciri khas berupa pagar cor beton menjulang dengan lengkungan di atasnya ini masih berdiri kokoh hingga ketika ini. Hal ini menjadi bukti keseriusan kontruktornya ketika membangun jembatan ini.

Selain bersejarah, pemandangan dari atas jembatan ini juga cukup indah. Barisan perbukitan yg berkeliling Lembah Asahan kelihatan jelas dari sini. Di bawah jembatan ini telihat pula aliran Sungai Asahan dengan arusnya yg deras yg dijadikan lokasi olahraga arum jeram. Bahkan tepat di bawah jembatan ini terdapat sebuah jeram dengan level 3+ yg dinamakan jeram Rizal Nurdin.

Jembatan ini pun yaitu lokasi titik finish etape pertama dari empat etape arung jeram Sungai Asahan. Etape yg dinamakan etape ‘Never Ever End Rapids’ yg dimulai dari Desa Tangga di dekat Air Terjun Sampuran Harimau.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/15/114500/3317678/1025/inikah-jembatan-tertua-di-sumatera-utara
Terima kasih sudah membaca berita Inikah Jembatan Tertua di Sumatera Utara?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Inikah Jembatan Tertua Di Sumatera Utara?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.