Ini Rute Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali

No comment 98 views

Berikut artikel Ini Rute Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali, Semoga bermanfaat

DENPASAR, KOMPAS.com – Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 di Denpasar, Bali, Sabtu (11/6/2016), dimulai dari depan panggung kehormatan di depan Bajra Sandi bagian selatan, menuju ke barat (masih di Jl Raya Puputan Renon), di perempatan jalan Kusuma Atmaja.

Selanjutnya iring-iringan peserta pawai menuju ke arah utara (depan kantor DPRD Bali), sampai ujung menuju ke timur Jl Cok Agung Tresna, dan finis di depan Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Rute pawai tahun ini menjadi searah jarum jam.

“Tahun dahulu banyak yg mengkritik karena berputar melawan arah jarum jam. Nanti searah dengan arah jarum jam,” ujar Ketua 2 Panitia Pelaksana PKB ke-38, I Gede Arya Sugiartha.

Peserta pawai dibatasi cuma 15 kontingen dari sebelumnya sebanyak 23 kontingen. “Kalau tahun dulu ada 23 kontingen, sekarang ada pembatasan pawai cuma 15 kontingen,” katanya.

Pembatasan dikerjakan agar pawai mampu berlangsung selama 2 sampai maksimal 2,5 jam.

Sebelumnya, waktu pawai seringkali molor karena peserta kerap tampil melebihi waktu yg telah ditentukan yakni lima menit.

Ke-15 kontingen yakni dari ISI Denpasar (pembuka), diikuti 9 kabupaten/kota, tiga partisipan luar negeri yakni Perancis, India, dan Timor Leste, sesuatu partisipan dalam negeri yakni Provinsi NTT, dan drumband dari Universitas Udayana (penutup).

Pada ketika pawai dan pembukaan nanti ada tamu khusus merupakan dari Forum Kerukunan Umat Beragama dari semua Indonesia sebanyak 300 orang.

Adapun tema PKB tentang Karang Awak Mencintai Tanah Kelahiran Sendiri ini terlahir dari kesadaran masyarakat Bali mulai tempat bagi memuliakan kekuatan-kekuatan yg dimiliki alam semesta (SDA) dan diri (SDM, kompetensi).

Hubungan mesra dan rasa kesinambungan manusia Bali dengan alam lingkungannya menegaskan hubungan persaudaraan antara diri manusia Bali dengan dunia alam semesta.

“Tema kalian karang awak menyucikan buana karang Bali, bagaimana kalian menyucikan karang (bumi pertiwi), yg menjadikan kami mencintai tanah kelahiran seperti mencintai diri sendiri,” terang Dewa Beratha.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Sejumlah penari dari Pasraman Prabha Budaya mementaskan tarian kreasi di panggung Pesta Kesenian Bali 2015 di Taman Budaya Denpasar, Bali, Rabu (8/7/2015). Pesta yg digelar Pemerintah Provinsi Bali ini menjadi kesempatan buat masyarakat yg terpilih dalam seleksi bagi unjuk kesenian dan budaya.

Selama rentang waktu lima tahun ke depan, tema PKB pun sudah ditetapkan yakni ‘Panca Mahabhuta’, yg setiap tahunnya secara bergilir dijabarkan bagian-bagian dari lima unsur pembentuk alam semesta ini seperti pertiwi, apah, bayu, teja, dan akasa. Tahun ini mengambil tema pertiwi.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika optimistis pelaksanaan PKB tahun ini mulai lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dengan berbagai perencanaan yg matang, Pastika berharap PKB tahun ini lebih berkualitas sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara bersama-sama.

Pastika juga meminta dukungan media maupun masyarakat luas buat terus memberikan masukan baik sebelum acara maupun selama berlangsungnya PKB agar kegiatan itu mampu dirasakan untuk seluruh pihak. (Tribun Bali/AA Gde Putu Wahyura)
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/11/120300827/Ini.Rute.Pawai.Pembukaan.Pesta.Kesenian.Bali
Terima kasih sudah membaca berita Ini Rute Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Rute Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.