Ini Nih Senjata Khusus Untuk Melawan Komodo

No comment 121 views

Berikut artikel Ini Nih Senjata Khusus Untuk Melawan Komodo, Semoga bermanfaat

Labuan Bajo – Sebagai predator, komodo milik banyak cara buat melumpuhkan mangsa. Traveler jangan takut, karena dipandu dengan ranger yg milik senjata khusus.

detikTravel pada tanggal 26-29 Oktober 2016 dulu tiba ke Labuan Bajo, NTT dalam acara ‘Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia’. Selama 4 hari perjalanan, hampir segala destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Di Pulau Komodo, bertemu Si Naga Purba dari dekat adalah waktu yg dinanti. Ditemani ranger alias pemandu setempat, Abdullah, awak media diajak trekking menjelajahi hutannya. Tak butuh waktu lama, segera kelihatan banyak komodo!

Selama trekking, ada sesuatu benda khusus yg tidak pernah lepas dari tangan Abdullah. Itulah tongkat pemandu yg mulai menjaga pengunjung, serta buat menjaga dirinya sendiri dari serangan komodo.

Tongkat pemandu yg digunakan ranger (Afif/detikTravel)Foto: Tongkat pemandu yg digunakan ranger (Afif/detikTravel)

“Ini tongkat pemandu yg panjang dan menyerupai huruf ‘Y’ pada salah sesuatu ujungnya,” kata Abdullah.

Adullah menjelaskan, bentuk huruf ‘Y’ mulai menjadi penghalang buat komodo yg seandainya sewaktu-waktu menyerang. Komodo menyerang mangsa dengan membuka mulutnya, mengigitnya dan melepaskan liuar yg mengandung 60 bakteri berbahaya bagi membuat mangsa tidak berdaya.

Bentuk salah sesuatu ujung tongkatnya seperti huruf 'Y' buat menahan leher dan mulut komodo (Afif/detikTravel)Foto: Bentuk salah sesuatu ujung tongkatnya seperti huruf ‘Y’ bagi menahan leher dan mulut komodo (Afif/detikTravel)

“Ketika komodo menyerang dan membuka mulut, segera kalian tahan dengan tongkat yg ujungnya huruf ‘Y’ in di bagian mulutnya yg tebruka itu atau di kepalanya. Itu setidaknya mulai menahan laju komodo,” ujarnya.

Tongkat pemandu tersedia banyak di depan Pos Balai Taman Nasional Komodo, sebelum perjalanan memulai trekking ke dalam hutan. Selain pada ranger, seandainya ada pengunjung yg panasaran dan ingin membawanya selama trekking juga diizinkan.

“Ini satu-satunya ‘senjata’ buat melawan komodo. Tapi yg harus diingat, buat melawan komodo bukanlah senjata ini. Kembali ke diri kalian sendiri buat tetap tenang, tak gaduh dan mengikuti segala arahan dari ranger,” pungkas Abdullah mengingatkan.

Salah seorang ranger (berbaju hijau) yg tetap memegang tongkat pemandu dan mengawasi turis (Afif/detikTravel)Foto: Salah seorang ranger (berbaju hijau) yg tetap memegang tongkat pemandu dan mengawasi turis (Afif/detikTravel)

(wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/17/082400/3347312/1519/ini-nih-senjata-khusus-untuk-melawan-komodo
Terima kasih sudah membaca berita Ini Nih Senjata Khusus Untuk Melawan Komodo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Nih Senjata Khusus Untuk Melawan Komodo"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.