Ini Kotoran Komodo, Pasti Kamu Belum Tahu

No comment 155 views

Berikut artikel Ini Kotoran Komodo, Pasti Kamu Belum Tahu, Semoga bermanfaat

Jakarta – Komodo adalah hewan karnivora yg melahap sampai habis mangsanya. Jangan heran, seandainya kotoran komodo milik bentuk yg tak biasa.

detikTravel pada minggu dahulu dari tanggal 26-29 Oktober 2016 tiba ke Labuan Bajo di NTT dalam acara ‘Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia’. Selama 4 hari perjalanan, hampir seluruh destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Pada hari Kamis (27/10/2016) minggu lalu, detikTravel trekking menjelajahi Pulau Komodo dipandu oleh ranger setempat, Abdullah. Patut diacungi jempol, ranger di Pulau Komodo milik pengetahuan dan keterangan yg banyak mengenai komodo. Tentu saja, bikin wisatawan yg tiba mulai merasa senang.

“Berhenti, mencoba lihat ini,” ujar Abdullah pada rombongan kami.

Di atas tanah, ada warna putih yg seperti kapur. Abdullah menantang kalian bagi menebaknya, tetapi seluruh tebakan kalian salah. Memangnya apa sih ini?

“Ini kotoran komodo,” katanya.

Kotoran komodo yg berwarna putih berasal dari tulang mangsanya (Afif/detikTravel)Foto: undefined
Kotoran komodo yg berwarna putih berasal dari tulang mangsanya (Afif/detikTravel)

Warnanya sungguh putih. Sungguh kelihatan aneh, seandainya dibandingkan dengan kotoran hewan lainnya. Tapi tunggu, kalau komodo melahap daging lantas mengapa dapat kotorannya berwarna putih seperti ini?

“Warna putih ini adalah berasal dari tulang mangsanya. Komodo melahap mangsanya sampai habis, sampai tulang-tulangnya dan tidak bersisa. Tulang yg telah dicerna diperut komodo mulai dikeluarkan dalam bentuk yg seperti ini.

Tak jauh setelah melangkah dari sana, lagi-lagi Abdullah menunjukan sesuatu. Temanya masih sama, kotoran komodo cuma saja kotoran komodo yg sekarang di depan mata kita bentuknya sangatlah berbeda yakni tumpukan bulu!

Tumpukan bulu, kotoran komodo (Afif/detikTravel)Foto: undefined
Tumpukan bulu, kotoran komodo (Afif/detikTravel)

“Itu bulu mangsanya, mampu rusa dapat babi hutan. Kalau bulu tak mampu dicerna dan nantinya mulai keluar lagi dari badan komodo berbentuk bulu,” terang Abdullah.

Hampir gampang menemukan beberapa macam kotoran komodo tersebut selama jalur trekking. Mungkin untuk yg tidak cermat, kedua hal tersebut bukanlah apa-apa. Tapi dengan ranger yg berpengalaman dan berpengetahuan, kamu jadi lebih tahu banyak hal tentang komodo bukan? (aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/01/072000/3334009/1519/ini-kotoran-komodo-pasti-kamu-belum-tahu
Terima kasih sudah membaca berita Ini Kotoran Komodo, Pasti Kamu Belum Tahu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Kotoran Komodo, Pasti Kamu Belum Tahu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.