Ini Dia Tempat Kost Paling Hebat Di Jakarta

No comment 116 views

Berikut artikel Ini Dia Tempat Kost Paling Hebat di Jakarta, Semoga bermanfaat

Jakarta – Di Jakarta, pernah ada tempat kost paling hebat. Anak muda yg tinggal bukan orang sembarangan. Mereka sampai dapat menentukan nasib bangsa Indonesia.

Kamar sewa atau tempat kost ketika ini telah menjamur dimana-mana dengan fasilitas yg hampir sama. Tapi tahukah traveler tempat kost paling hebat itu berada di Jalan Kramat No 106, Jakpus.

Traveler yg tiba ke alamat ini jangan kaget. Begitu sampai di alamat tersebut mulai ada plang bertuliskan ‘Museum Sumpah Pemuda’.

Lho, katanya tempat kost? Betul. Museum Sumpah Pemuda ternyata dulunya adalah tempat kost. Saat berkunjung ke sana (28/10/2016) detikTravel pun diberi tahu yang berasal mula gedung ini.

Kata kos-kosan sendiri berasal dari bahasa Belanda, kosthuis yg artinya pondokan. Sejak zaman kolonial di awal abad ke-20 telah banyak pemuda dari segala Indonesia yg merantau buat sekolah di Batavia.

Ilustrasi patung para pemuda yg berdiskusi di dalam gedung (Bonauli/detikTravel)Ilustrasi patung para pemuda yg berdiskusi di dalam gedung (Bonauli/detikTravel)

Karena banyak asrama kampus yg penuh maka masyarakat membuka rumahnya sebagai tempat kost, salah satunya punya Sie Kong Liong. Rumah seluas 1.041 m persegi ini dijadikan tempat kos sebanyak 14 paviliun.

Saat itu asrama sangat ketat berbeda dengan kos-kosan. Maka dari itu banyak pemuda yg lebih memilih bagi kos.

Para pemuda yg tinggal di sini bebas bagi melakukan aktivitas politik seperti debat atau bermain biliard. Ruang penting gedung ini biasanya dijadikan tempat diskusi politik oleh para pemuda. Oleh karena itu tempat ini dipilih sebagai basecamp anggota Jong Java.

Sekarang ruang bangunan penting di jadikan ruang pameran patung para pemuda dan barang-barang peninggalan mereka (Bonauli/detikTravel)Sekarang ruang bangunan penting di jadikan ruang pameran patung para pemuda dan barang-barang peninggalan mereka (Bonauli/detikTravel)

Tempat ini dipilih karena luas dan mampu digunakan buat latihan kesenian juga. Berdasarkan data penelusuran detikTravel dari buku panduan resmi museum, anak kost di sini bukan orang sembarangan.

Ada Amir Sjarifuddin (mantan Perdana Menteri RI), Muhammad Yamin (mantan Menteri Pendidikan), Assat dt Moeda (mantan Pejabat Presiden RI), AK Gani (mantan Wakil PM dan Gubernur Militer Sumatera Selatan), Aboe Hanifah (mantan Menteri Pendidikan), Mohammad Tamzil (mantan Dubes RI di dua negara) Roesmali, Ferdinand Lumban Tobing, Koentjoro, Poerbopranoto, Hidajat, Amir dan Katjasungkana.

Wisatawan yg asyik berfoto (Bonauli/detikTravel)Wisatawan yg asyik berfoto (Bonauli/detikTravel)

WR Supratman yg menciptakan lagu Indonesia Raya pun dulu nongkrong bareng di tempat ini bagi diajak buat latihan kesenian awalnya. Hampir seluruh pemuda yg tinggal di kost ini setelah Indonesia merdeka menduduki jabatan utama di pemerintahan.

Speechless deh membayangkannya. Traveler sekarang pasti setuju kalau ini adalah kost-kostan paling hebat di Jakarta. (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/28/161528/3331910/1519/ini-dia-tempat-kost-paling-hebat-di-jakarta
Terima kasih sudah membaca berita Ini Dia Tempat Kost Paling Hebat di Jakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Dia Tempat Kost Paling Hebat Di Jakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.