Ini Dia Museum Al Quran Terbaik Di Indonesia

No comment 99 views

Berikut artikel Ini Dia Museum Al Quran Terbaik di Indonesia, Semoga bermanfaat

Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta tidak cuma milik berbagai rumah adat. Di sana ada pula museum dengan koleksi mushaf Al Quran terbesar dan terkecil se-Indonesia.

Mumpung bulan Ramadan rasanya pas sekali buat mampir ke Bayt Al Quran di TMII. Museum tersebut memajang aneka mushaf Alquran dari dalam dan luar negeri. detikTravel sempat berkunjung ke sana dua waktu lalu.

Bayt Al Quran diresmikan pada 20 April 1997 silam. Ide pembangunan museum ini muncul ketika Presiden Soeharto ingin memajang mushaf Al Quran terbesar di Indonesia dan berbagai mushaf lainnya yg sempat dipajang di Festival Istiqlal. Festival itu berlangsung beberapa kali pada 1991 dan 1995.

Setelah museum berdiri, mushaf terbesar di Indonesia yg ketika itu adalah Mushaf Wonosobo pun diletakkan di museum. Mushaf ini pun menjadi salah sesuatu koleksi penting di Bayt Al Quran.

Museum Bayt Al Quran (Kurnia/detikTravel)

Mushaf Wonosobo ukurannya begitu besar, mencapai 2×3 meter saat dibuka. Mushaf ditulis tangan oleh beberapa orang santri Pondok Pesantren Al Asy’ariyah Wonosbo selama 17 bulan. Kini mushaf itu diletakkan di sebuah ruangan di dekat bagian keterangan museum dan menarik perhatian turis Jakarta maupun dari daerah lain.

Nah selain Mushaf Wonosobo, Bayt Al Quran juga memiliki koleksi mushaf terkecil di Indonesia, merupakan Mushaf Istanbul. Mushaf ini dihibahkan dari Istanbul, Turki. Mushaf mini tersebut ditulis oleh Sayid Muhammad Abdul Latif yg berasal dari Arab Saudi.

Mushaf Istanbul (Kurnia/detikTravel)

Jumlah mushaf mini ada 3 dengan ukuran berbeda. Tapi yg paling kecil adalah yg berukuran sekitar 1×1,5 cm seandainya dalam posisi tertutup. Ketiganya dipajang di dalam kotak kaca, di ruangan yg sama dengan Mushaf Wonosobo.

Selain kedua mushaf yg unik itu, Bayt Al Quran menyimpan banyak mushaf unggulan lainnya. Misalnya saja Mushaf Istiqlal yg begitu indah dengan ragam hias yg diambil dari 27 provinsi di Tanah Air. Lama waktu pengerjaannya pun mencapai 4 tahun!

Mushaf Istiqlal (Kurnia/detikTravel)

Kemudian ada pula Mushaf La Lino dari sekitar tahun 1800-an, Mushaf Sundawi, Mushaf Al Bantani, Mushaf Pusaka, Mushaf Jakarta, bahkan Al Quran Braille juga ada. Semua koleksi itu mampu dilihat di lantai 1 museum. Sedangkan di lantai dua, traveler mampu melihat foto-foto mushaf dari berbagai provinsi di Indonesia.

Bayt Al Quran memang bertujuan buat mengedukasi seluruh hal tentang mushaf Al Quran. Jadi tidak perlu heran seandainya koleksinya begitu lengkap, begitu pula informasi dari setiap mushafnya. Fasilitas museum juga lengkap, akan dari ruang audio visual, ruang seminar, toilet hingga toko yg menjual makanan bagi pengunjung pun ada.

Museum dapat dikunjungi setiap hari pukul 08.30-15.30 WIB. Traveler mampu wisata sambil mengenal lebih dekat berbagai mushaf Al Quran di sini. Asyiknya lagi, biaya masuknya gratis lho! Bayt Al Quran memang museum Al Quran terbaik di Indonesia.

(Kurnia/detikTravel)

(krn/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/16/075023/3234537/1519/ini-dia-museum-al-quran-terbaik-di-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Ini Dia Museum Al Quran Terbaik di Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Dia Museum Al Quran Terbaik Di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.