Ini Destinasi Wisata Sepanjang Gilimanuk-Denpasar Yang Layak Disinggahi

Berikut artikel Ini Destinasi Wisata Sepanjang Gilimanuk-Denpasar yang Layak Disinggahi , Semoga bermanfaat

DENPASAR, KOMPAS.com – Perjalanan Gilimanuk menuju Denpasar yg melalui jalur darat dengan jarak sekitar 130 kilometer ini tak mulai merasa bosan dan jenuh juga mampu singgah dan istirahat di dua destinasi wisata yg dilalui.

Lokasi destinasi wisata ini terletak di pinggir jalan yg setiap harinya dijadikan lokasi istirahat atau rest area untuk pengguna kendaraan pribadi baik motor maupun mobil dan juga kendaraan travel. Berikut 4 destinasi wisata yg layak Anda singgahi.

1. Obyek Wisata Teluk Gilimanuk

Lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Lokasi ini berupa taman dengan dua bale bengong atau bangunan kecil di pinggir pantai yg digunakan buat istirahat buat pengunjung.

Masuk ke lokasi ini gratis sehingga cukup banyak yg tiba baik warga lokal maupun wisatawan yg istirahat sebelum melalukan perjalanan jauh.

Di Pantai Teluk Gilimanuk juga disediakan perahu motor buat keliling teluk dengan panorama yg indah.

“Istirahat sebentar, kalian mau ke Denpasar ada keperluan sekaligus rekreasi. Kasihan anak-anak masih kecil-kecil, capek di perjalanan, dari dua jam di dalam mobil,” kata wisatawan yang berasal Surabaya, Anwar, Selasa (9/8/2016).

KOMPAS.com/SRI LESTARI Monumen Operasi Lintas Laut Bali-Jawa, Jembrana, Bali.

2. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Monumen ini terletak di titik 126 kilometer dari Kota Denpasar yg masih di kawasan Kabupaten Jembrana. Terlihat, monumen ini memang tak banyak yg singgah, cuma dua motor dan mobil tetapi masih sangat jarang.

Sebenarnya lokasi ini cukup memiliki halaman sehingga dapat menarik minat wisatawan yg memakai kendaraan bagi mampir.

Monumen ini memang sedikit bernuansa cerah karena kelihatan cat merah dan putih mendominasi sehingga kelihatan mentereng. Apalagi dipasang spanduk warna merah dan putih yg bertuliskan “Selamat Datang di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali”.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pintu gerbang Taman Nasional Bali Barat, Jembrana, Bali.

3. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat masuk wilayah Kabupaten Jembrana dengan panjang jalan tempuh sekitar 8 kilometer dari titik 126 kilometer hingga titik 118 kilometer dari Kota Denpasar. Dengan nuansa hutan yg rindang memang cukup layak buat dijadikan tempat istirahat tetapi cuma di pinggir jalan saja.

Hutan Bali Barat dihuni Jalak Bali yg menjadi ikon Bali dan juga hewan kera. Untuk itu, diharapkan hati-hati seandainya mulai istirahat di tempat ini.

Sepanjang jalan yg masuk wilayah hutan Bali Barat tak menyeramkan karena banyak kendaraan yg dulu lelang dan terang. Tapi memang yg diwaspadai adalah banyaknya kera yg kadang keluar hutan dan diam di pinggir jalan.

Tapi tak perlu khawatir, di titik 120 kilometer dari Kota Denpasar terdapat perkampungan dengan bangunan rumah di pinggir jalan sehingga mampu dijadikan alternatif istirahat buat yg kelelahan berkendara.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pantai Pengeragoan, di Jembrana, Bali.

4. Kawasan Wisata Pantai Yeh Leh

Kawasan wisata ini juga dikenal dengan nama Pantai Pengeragoan, tepat berada di pinggir jalan yg berbatasan antara Kabupaten Jembarana dengan Kabupaten Tabanan.

Dengan nuansa laut lepas, puluhan pohon kelapa dan patung sapi yg menjadi ikon Kabupaten Jembrana ini kelihatan banyak disinggahi penggunaan kendaraan yg melintas terutama kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Lokasi ini dilengkapi dengan dua warung makanan sehingga mampu menghilangkan haus dan lapar dengan menu sajian warung Muslim.

Mereka yg singgah bagi istirahat ada yg masuk ke dalam obyek wisata bagi mencari tempat teduh ada pula yg istirahat di pinggir jalan bagi melihat laut lepas sambil mencari pohon buat berteduh.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pantai Soka, Kabupaten Tabanan, Bali.

5. Pantai Soka

Pantai Soka berada di tepi jalan dengan area parkir yg cukup luas. lokasi yg masuk Kabupaten Tabanan ini berada di titik sekitar 43 kilometer dari arah kota Denpasar.

Tidak cuma kendaraan pribadi yg singgah di tempat ini tetapi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tidak jarang singgah bagi memberikan kesempatan untuk penumpang istirahat. Di tempat ini dilengkapi dengan sederetan warung Muslim dan kamar mandi.

Pantai Soka cukup indah karena lokasinya strategis dengan tempat parkir yg cukup luas menyebabkan pantai ini terus dijadikan rest area dan Posko Pemantau arus mudik dan balik ketika Lebaran.

“Biasa kalian istirahat dahulu di tempat ini, makan, siapa tahu ada yg ke kamar kecil dan melepas lelah. Santai dulu, capek,” kata Diono salah sesuatu sopir travel yg menempuh perjalanan dari Malang.

Dengan dua destinasi wisata pinggir jalan dari Gilimanuk menuju Denpasar ini maka para wisatawan atau pendatang yg menempuh perjalanan tinggal memiliki lokasi mana yg nyaman dan enak dijadikan tempat istirahat. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/09/150300327/Ini.Destinasi.Wisata.Sepanjang.Gilimanuk-Denpasar.yang.Layak.Disinggahi.
Terima kasih sudah membaca berita Ini Destinasi Wisata Sepanjang Gilimanuk-Denpasar yang Layak Disinggahi . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Destinasi Wisata Sepanjang Gilimanuk-Denpasar Yang Layak Disinggahi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.