Ini Bedanya Es Teler Dengan Es Campur

No comment 468 views

Berikut artikel Ini Bedanya Es Teler dengan Es Campur, Semoga bermanfaat

ES teler dan es campur menjadi menu yg tak dapat ditolak ketika cuaca panas atau ketika berbuka puasa. Rasanya yg bisa melegakan tenggorokan, membuat banyak orang memilih buat mengkonsumsinya. Namun, ternyata es teler dan es campur berbeda walaupun sekilas kelihatan mirip.

Es Teler adalah minuman es yg berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yg dipakai dapat berupa es serut atau es batu.

Selain itu, es teler juga mampu divariasikan dengan isi cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar. Dengan variasi isian es telerĀ  tersebut, terkadang membuatnya menjadi sulit dibedakan dengan es campur.

Es teler diciptakan Tukiman Darmowijono, pedagang es campur dengan gerobak di Jalan Semarang, Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1980-an. Es campur kreasi Tukiman begitu enak sehingga anak-anak muda yg meminumnya mengaku keenakan seperti teler setelah mengkonsumsi.

Es kelapa muda bercampur dengan alpukat yg dijual Tukiman kemudian dikenal sebagai es teler. Lama kelamaan es teler Tukiman akan dikenal dari mulut ke mulut, karena kenikmatannya.

Tribun Jogja/ Hamim Thohari Es Campur Pak Lantip

Sedangkan es campur kelihatan mirip dengan es teler, cuma saja isinya lebih beragam. Secara umum, campuran isi es campur adalah blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu.

Beda daerah beda pula bahan isi yg digunakan dalam es campur. Di Medan, es campur berisi kacang merah, pacar cina, dan biji delima. Sedangkan, di Jakarta, es campur diberi tambahan daging buah kelapa dan tapai singkong.

Terlihat dari komposisi bahan isi yg digunakan, bahwa es teler dan es campur memiliki isi yg berbeda. Walaupun sekilas kelihatan sama.

Keduanya sangat cocok dinikmati ketika udara sedang panas, dan juga menjadi menu es favorit ketika buka puasa di bulan Ramadhan. Dari keduanya, mana es yg jadi favorit Anda? Es teler atau es campur? (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/03/130800927/Ini.Bedanya.Es.Teler.dengan.Es.Campur
Terima kasih sudah membaca berita Ini Bedanya Es Teler dengan Es Campur. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Bedanya Es Teler Dengan Es Campur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.