Ini Baru Greget, Bunker Nuklir Di China Jadi Objek Wisata

No comment 107 views

Berikut artikel Ini Baru Greget, Bunker Nuklir di China Jadi Objek Wisata, Semoga bermanfaat

Chongqing – Bunker super rahasia di China, yg yaitu terbesar sedunia dibuka buat kunjungan turis. Sekarang berbagai sisinya mampu bebas dijelajahi.

816 Nuclear Military Plant dapat ditemukan di pegunungan di Distrik Fuling, Chongqing, China yg berjarak 2 jam penerbangan dari Guangzhou. Ini yaitu bunker bawah tanah terbesar di dunia yg pernah dibangun manusia.

Lokasi bunker tersebut dulunya sangat dirahasiakan dari publik, namun tahun ini benar-benar dibuka bagi umum. Hal ini ramai diberitakan media lokal China hingga media Inggris.

Daily Mail misalnya seperti dilihat detikTravel, Jumat (7/10/2016) menuliskan kalau bunker tersebut didirikan tahun 1966 buat memproduksi plutonium. Proyek ini melibatkan lebih dari 60 ribu tentara.

(Xinhua)(Xinhua)

Namun setelah 17 tahun berlalu dan konstruksi bunker hampir selesai pada 1984, rencana bagi menjadikan bunker sebagai tempat produksi plutonium dihentikan. Begitu seperti diberitakan South China Morning Post.

816 Nuclear Military Plant tidak serta merta dibuka bagi publik. Sekitar 20 tahun kemudian, pada 2010 ada sebagian kecil dari bunker nuklir ini yg dibuka buat kunjungan terbatas warga China saja. Masuknya pun tidak sembarangan, ada tentara yg menjaga pintu masuk dan sejumlah dokumen perlu ditunjukkan terlebih dahulu.

Nah, baru-baru ini, akhirnya bunker resmi dibuka buat umum. Traveler dari luar China juga boleh masuk dan menjelajahi bunker yg bagaikan gua bawah tanah raksasa tersebut.

Asyiknya lagi, berbagai sisi bangunan di bawah tanah itu telah direnovasi dan makin cantik dengan susunan ruangan yg rapi, serta tambahan lampu warna-warni.

(Xinhua)(Xinhua)

816 Nuclear Military Plant meliputi area lebih dari 20 km, dengan 18 gua penting dan lebih dari 130 jalanan, cabang, terowongan mendatar serta terowongan vertikal. Ruangan yg paling besar misalnya, tingginya mencapai 80 meter dan lebarnya 25 meter.

Tur berkeliling bunker pun memakan waktu sekitar 3 jam. Selama tur, wisatawan harus selalu bersama dengan pemandu dan rombongan. Jika memisahkan diri dikhawatirkan mampu tersasar ke dalam terowongan yg berliku dan begitu banyak jumlahnya.

Selama mengikuti peraturan yg berlaku, kunjungan ke dalam bunker ini tergolong aman dan tentunya menarik. Tak perlu khawatir terpapar radiasi juga, karena memang 816 Nuclear Military Plant belum pernah dipakai bagi mengoperasikan atau bahkan sekadar menyimpan bahan nuklir. (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/07/082053/3315280/1520/ini-baru-greget-bunker-nuklir-di-china-jadi-objek-wisata
Terima kasih sudah membaca berita Ini Baru Greget, Bunker Nuklir di China Jadi Objek Wisata. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini Baru Greget, Bunker Nuklir Di China Jadi Objek Wisata"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.