Ini 7 Alasan Utama Mengapa Harus Wisata Ke Sulawesi Utara

No comment 198 views

Berikut artikel Ini 7 Alasan Utama Mengapa Harus Wisata ke Sulawesi Utara, Semoga bermanfaat

MANADO, KOMPAS.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah sebuah jazirah indah di ujung utara Pulau Sulawesi yg dianugerahi dengan keindahan alam dan keramahan penduduknya.

Provinsi dengan 15 kabupaten/kota ini milik segalanya, akan dari kekayaan biodiversitas, kultur eksotis hingga kuliner khas yg tak dapat dijumpai di daerah lain.

Sulut juga kerap dijuluki “The Land of Smile”, berkat keramahan penduduknya yg mengagungkan slogan “Torang Samua Basudara” (kita seluruh adalah saudara).

Pariwisata di Sulut akan menggeliat dua tahun terakhir ini. Hal itu ditandai dengan semakin banyaknya penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi mengangkut wisatawan. Berikut kalian rangkum tujuh alasan mengapa anda harus berkunjung ke Sulut.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Beberapa kapal siap di Dermaga Bunaken, Pelabuhan Manado, Sulawesi Utara, buat mengantar wisatawan ke Pulau Bunaken.

1. Surga Bawah Laut

Atraksi selam di bawah laut Sulut adalah salah sesuatu magnet wisatawan mancanegara menyambangi provinsi ini. Tak cuma di Bunaken, bawah laut di pulau Lembeh Bitung, Pulau Bangka Minahasa Utara, Pulau Siau Sitaro, Pulau Sanger Sangihe bahkan hingga ke Bolaang Mongondow Selatan. Semuanya menjadi jaminan keindahan panorama bawah air.

Tak heran, berbagai kompetisi lomba foto bawah air kerap digelar di Sulut, seperti yg baru saja selesai Exotis Sitaro Underwater Photo Competition.

2. Bunaken

Siapa yg tidak kenal Taman Laut Nasional Bunaken yg tersohor itu. Bahkan di dua publikasi luar negeri, Bunaken lebih dikenal daripada Sulut sendiri.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Salah sesuatu sisi di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara yg tersohor dengan Taman Lautnya yg sangat indah.

Inilah taman nasional laut pertama di Indonesia yg terletak di daerah segitiga terumbu karang dunia. Bunaken menyimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yg tiada tara.

3. Transportasi Mudah

Mengunjungi Sulut adalah sebuah kesenangan karena kemudahan akses. Tersedia penerbangan setiap hari dari kota-kota penting di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan kota-kota di Kalimantan, Papua serta kota-kota yang lain di Sulawesi.

Transportasi darat dan lautnya juga tersedia dengan rute yg beragam, bagi mengunjungi berbagai destinasi baik di darat maupun di kepulauan.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Persawahan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara yg indah, dengan latar Gunung Api Lokon.

4. Penduduk Ramah

Banyak pelancong yg mengaku di Sulut mereka mendapat bonus kerabat baru di tanah yg diberkati ini. Itu karena orang Sulut sangat supel dan super ramah.

Di setiap perjalanan, anda mulai menerima senyuman yg tulus dan tak ada kesulitan apa pun bagi berinteraksi dengan penduduknya. Bahkan tawaran mampir ke rumah adalah jamak di provinsi ini.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Tinutuan, masakah khas Sulawesi Utara yg terbuat dari berbagai jenis sayur hijau yg dicampur dengan bubur labu.

5. Kuliner Khas

Tinutuan, klapertaart, nasi kuning, mi cakalang hanyalah sebagian dari kuliner Sulut yg telah menasional. Nikmati masakan daerah itu di tempat asalnya dengan bahan-bahan alami yg tumbuh di tanah subur ini.

Cicipi pula menu ekstrem lainnya seperti daging paniki (kelelawar) dan tikus hutan. Dan seandainya anda yg tak berpantang halal, tersedia beragam menu non halal yg mampu dijumpai di berbagai rumah makan.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Sepasang burung endemik yg unik, Maleo, sedang menggali lubang di nesting ground di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Sulawesi Utara.

6. Kaya Biodiversitas

Sulut adalah wilayah dengan kekayaan keanekaragaman hayati yg sangat kaya. Provinsi ini dianugerahi berbagai satwa endemik yg unik seperti tarsius, monyet hitam sulawesi (yaki), kus-kus sulawesi, burung manguni dan ratusan macam burung lainnya.

Pergilah ke Taman Nasional Bogani Nani Wartabone bagi melihat bagaimana burung maleo bertelur, atau kunjungi Taman Wisata Alam Batuputih, Tangkoko Bitung bagi melihat ratusan Yaki bermain dan bersenda gurau.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Salah sesuatu pemandangan yg indah di Manado Tateli Beach Resort yg berada di pesisir pantai Minahasa, Sulawesi Utara.

7. Akomodasi Melimpah

Jangan khawatir soal akomodasi. Di Sulut, khususnya di Manado tersedia berbagai tipe hotel dari akan dari hotel berbintang 5 hingga ke budget hotel. Demikian pula cottage, resort, dan berbagai macam penginapan dengan tawaran aneka tarif menginap.

Dengan dua keunggulan di atas, mengapa tak memasukkan Sulut sebagai tujuan wisata anda? Ayo ke Sulut.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/25/174254227/ini.7.alasan.utama.mengapa.harus.wisata.ke.sulawesi.utara
Terima kasih sudah membaca berita Ini 7 Alasan Utama Mengapa Harus Wisata ke Sulawesi Utara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini 7 Alasan Utama Mengapa Harus Wisata Ke Sulawesi Utara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.