Ini 5 Situs Warisan Dunia Yang Pertama

No comment 97 views

Berikut artikel Ini 5 Situs Warisan Dunia yang Pertama, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Ada ribuan situs warisan dunia yg tersebar di semua penjuru dunia. Situs warisan dunia yg terdaftar di United Nations Education, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) juga yaitu tempat wisata yg menarik dikunjungi.

Tentu perlu waktu yg lama bagi dapat mengunjungi semuanya. Namun sebenarnya ada 12 situs warisan dunia yg kali pertama terdaftar merupakan pada tahun 1978.

Awalnya, cuma negara yg menandatangi pendirian konvensi World Heritage Committee yg mampu mengajukan nominasi situs. Setelah 37 tahun, 191 negara akhirnya menandatangani konvensi.

Dari 12 situs warisan dunia yg pertama, berikut 5 di antaranya seperti dikutip dari CNN Travel.

Taman Sejarah Nasional L’Anse aux Meadows, Kanada.

Sisa kehidupan bangsa Viking pada abad ke-11 di L’Anse aux Meadows, Kanada adalah bukti utama kedatangan kali pertama bangsa Eropa di Amerika Utara.

Penggalian di situs ini menemukan bingkai kayu, bangunan berlapis rumput gambut yg juga ditemukan di Islandia pada masa yg sama.

Kepulauan Galapagos, Ekuador.

Laut dan gugusan pulau menjadikan Kepulauan Galapagos sebuah kepulauan yg unik dan terdiri dari hewan-hewan langka, kehidupan tumbuhan dan aktivitas kegempaan yg menginspirasi Teori Evolusi Charles Darwin.

Terletak sekitar 1.000 km (620 mil) dari kawasan selatan benua Amerika selatan, Kepulauan Galapagos menjadi rumah untuk hewan dan tumbuhan yg unik. Fauna yg “menghuni” di sini seperti kura-kura raksasa, iguana laut, burung laut berkaki biru (Sula nebouxii), Galapagos cormorant

Taman Nasional Simien, Etiopia.

Puncak gunung yg menakjubkan, lembah terjal, dan hewan langka yg menganggap Taman Nasional Simien sebagai rumah.

Pengunjung mampu menemukan Walia Ibex (sejenis kambing), primata Gelada yg langka, dan rubah Simien. Selain itu terdapat juga macan tutul, hyena tutul, serigala, dan 400 macam burung.

Kota Quito, Ekuador.

Kota para Quitus, orang-orang yg tinggal di wilayah tersebut sebelum pendudukan Spanyol, ibu kota Ekuador tersebut didirikan pada abad ke-16 di atas reruntuhan Kota Inca. Meskipun banyak dilanda gempa bumi, pusat sejarah Quito cukup terawat dengan baik.

Pengunjung bisa melihat gaya sekolah Baroque dari Quito, perpaduan elemen Eropa dan pribumi, di biara-biara San Fransisco, Santo Domingo, dan Sekolah Gereja La Compania.

Tambang garam Wieliczka, terletak di kota Wieliczka, Kraków wilayah metropolitan, Polandia.

Tambang Garam Wieliczka dan Bochnia, Polandia.

Tambang garam Wieliczka dan Bochnia di Polandia yaitu contoh teknik pertambangan yg mengesankan dari abad ke-13 hingga abad ke-20. Di sana terdapat ruang bawah tanah yg berfungsi bagi pertambangan garam.

Area yg digali buat garam diubah menjadi gudang, tempat kerja, dan kapel, dengan patung-patung dan dekorasi lainnya yg diukir ke dalam batu garam. Wisatawan telah akan mengunjungi situs ini sejak awal abad ke-19.

Selain lima situs tersebut, ada tujuh situs lainnya yg yaitu situs warisan dunia pertama yg terdaftar di UNESCO seperti Taman Nasional Nahanni (Kanada), Gereja Rock-Hewn Churches (Lalibela, Etiopia), Aachen Cathedral (Jerman), pusat sejarah Krakow (Polandia), Pulau Goree (Senegal), Taman Nasional Mesa Verde (Amerika Seriakt), dan Taman Nasional Yellowstone (Amerika Serikat).

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/11/030500527/Ini.5.Situs.Warisan.Dunia.yang.Pertama
Terima kasih sudah membaca berita Ini 5 Situs Warisan Dunia yang Pertama. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ini 5 Situs Warisan Dunia Yang Pertama"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.