Ingin Merasakan Sensasi Negeri Di Atas Awan? Datang Saja Ke Toraja…

Berikut artikel Ingin Merasakan Sensasi Negeri di Atas Awan? Datang Saja ke Toraja…, Semoga bermanfaat

TORAJA, KOMPAS.com – Toraja Utara, Sulawesi Selatan, kini milik destinasi wisata baru. Setiap pekan, ribuan orang mendatangi Lolai, sebuah desa di Kecamatan Kapalapitu.

Kedatangan ribuan orang itu karena ingin merasakan sensasi berada “di atas awan”. Jika malam hari hingga pukul 10.00 pagi, daerah yg berada di ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut itu, seakan berada di atas awan.

Betapa tidak, dari sebuah halaman tempat dibangunnya Tongkonan Lempe, pengunjung yg tiba bisa menyaksikan pemandangan di bawahnya yg tertutupi awan. Puncak-puncak gunung di kejauhan menyembul dari antara awan yg terhampar dengan sangat luas.

Sesekali gerakan awan membuat kampung-kampung di bawahnya terlihat. Rantepao, pusat kesibukkan Toraja Utara kelihatan di kejauhan berada di bawah awan.

“Kalau malam hari dan awannya tak terlalu banyak, Kota Rantepao kelihatan sangat indah, karena lampu-lampunya,” ujar Yunus Rantetoding, salah sesuatu pengelola lokasi wisata ini.

Saat malam hari, lampu-lampu di kota Rantepao tidak mengurangi pemandangan yg semakin memesona. Kota itu telihat seperti dari atas pesawat. Saat matahari akan terbit, bangunan-bangunan Tongkonan, khas Toraja menjadi pemandangan yg semakin menarik.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Bangunan Tongkonan Lempe yg halamannya dijadikan lokasi bagi melihat pemandangan yg diselimuti awan di bawahnya.

Lolai memang berada di gugusan pengunungan dengan panorama yg sangat indah. Dari Rantepao, lokasi wisata baru ini mampu dijangkau sekitar 30 menit dengan berkendara. Para pengelola, yg yaitu pemilik Tongkonan Lempe cuma menarik biaya parkir dengan tarif sukarela.

“Kami memang belum memasang tarif secara khusus, jadi pengunjung membayar dengan seikhlasnya saja,” tambah Yunus.

Di halaman mereka yg luas, tersedia pula dua tenda yg mampu disewa untuk yg ingin bertenda pada malam hari. Harga sewanya pun murah, Rp 80.000 buat tenda besar dan Rp 50.000 buat ukuran kecil.

Beberapa Teras Tongkonan Lempe juga dapat ditempati pengunjung buat bersantai sambil menikmati kopi Toraja yg disajikan pemilik rumah Tongkonan tersebut. Wisatawan yg ingin menginap, mereka juga dapat menyewakan Tongkonan sebagai homestay.

Harap sediakan baju hangat atau jaket, karena hawa di Lolai yg kerap dijuluki sebagai “negeri diatas awan” ini sangat dingin. Menanti matahari terbit yaitu sebuah sensasi yg luar biasa, ketika menyaksikan hamparan awan secara perlahan naik dari daratan rendah hingga ke Lolai.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Kota Rantepao, Toraja dan sekitarnya ketika menjelang subuh kelihatan dari Lolai, yg berada di ketinggian 1400 meter. Lokasi ini dijuluki Negeri di Atas Awan.

Di saat-saat tertentu, pengunjung bahkan seolah menginjak awan, karena hamparan awan dapat sejajar dengan tempat berdiri di Tongkonan Lempe. Walau baru setahun populer, kini Lolai menjadi magnet wisata di Toraja Utara. para wisatawan asing yg tiba ke Toraja pun tak ingin ketinggalan bagi tiba ke Lolai.

Toraja memang layak dijuluki “amazing land”, karena panorama alam yg memesoa dipadu dengan kebudayaan dan tradisi yg masih selalu dipertahankan.

“Kelak kalian mulai tidak mengurangi berbagai fasilitas wisata di sini, agar pengunjung yg tiba semakin nyaman,” jelas Yunus. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/10/100000827/Ingin.Merasakan.Sensasi.Negeri.di.Atas.Awan.Datang.Saja.ke.Toraja.
Terima kasih sudah membaca berita Ingin Merasakan Sensasi Negeri di Atas Awan? Datang Saja ke Toraja…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ingin Merasakan Sensasi Negeri Di Atas Awan? Datang Saja Ke Toraja…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.