Infrastruktur Tuntas, Purwakarta Kini Fokus Bangun Pariwisata

No comment 133 views

Berikut artikel Infrastruktur Tuntas, Purwakarta Kini Fokus Bangun Pariwisata, Semoga bermanfaat

Purwakarta – Infrastruktur di Purwakarta dirasa telah memadai. Kini pemkab setempat pun mulai lebih fokus mengembangkan sektor pariwisata.

Di tahun 2017 ini Pemkab Purwakarta mulai memulai membangun berbagai destinasi wisata terutama yg berbasis alam. Pembangunan sengaja dikerjakan pada tahun ini setelah infrastruktur dan pelayanan masyarakat dirasa sudah optimal.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, pembangunan destinasi wisata sengaja diterapkan pada masa-masa jelang berakhirnya masa jabatan sebagai kepala daerah setelah memimpin beberapa periode.

“Kita dahulukan dahulu infrastruktur dan pelayanan masyarakat agar lebih optimal. Masak nanti tempat wisata bagus-bagus tetapi ada sekolah atau puskesmas jelek,” ucap Dedi pada wartawan, Jumat (6/1/2016).

Dedi mengatakan, selama ini pemerintah pusat terus terpaku pada pembangunan kotamadya padahal di balik itu kekayaan Indonesia justru berada di kabupaten-kabupaten dengan perkembangan desanya. Sehingga Purwakarta berkomitmen membangun setiap destinasi wisata di setiap desa.

Salah satunya adalah pencanangan Kabupaten Purwakarta sebagai daerah 1.000 taman. “Artinya bukan mulai ada 1.000 taman, tetapi setiap desa mulai mempunyai taman yg tematik sesuai kearifan lokalnya,” katanya.

Contohnya, kata Dedi, adalah Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur yg memiliki hutan seluas kurang lebih 20 hektar. Di tempat tersbut terdapat ratusan bahkan ribuan monyet liar yg kini akan bersahabat dengan warga. Sehingga di tempat tersebut mulai dibuat Taman Monyet.

Hingga kini Dedi pun berkomitmen buat membangun taman-taman tersebut dari dana pemerintah tanpa mengandalkan swasta atau CSR. Hal tersebut karena APBD Purwakarta di tahun 2017 masih cukup kuat bagi membiayai taman-taman tersebut. Dan hal itu dianggap lebih efektif menggulirkan anggaran dibanding dengan menjadi silva.

Lebih lanjut Dedi mengungkapkan, tujuan penting pembangunan destinasi wisata di Purwakarta bukan bagi meningkatkan PAD. Melainkan menjaga regulasi daerah, seperti menggulirkan roda perekonomian masyarakat sehingga uang masyarakat tak keluar daerah.

“Sederhananya seperti ini. Di Purwakarta ada sekira 50 ribu orang buruh. Setiap pekan mereka minimal mengeluarkan uang bagi liburan ke luar kota Rp 500 ribu per keluarga, itu dikali sebulan mampu berapa? Lebih baik uang itu berputar di Purwakarta di UKM-UKM dibanding uang masyarakat Purwakarta berputar di daerah lain,” pungkas Dedi. (krn/krn)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/07/082321/3389995/1382/infrastruktur-tuntas-purwakarta-kini-fokus-bangun-pariwisata
Terima kasih sudah membaca berita Infrastruktur Tuntas, Purwakarta Kini Fokus Bangun Pariwisata. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Infrastruktur Tuntas, Purwakarta Kini Fokus Bangun Pariwisata"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.