Indonesia Tujuan Favorit Wisatawan Australia

No comment 150 views

Berikut artikel Indonesia Tujuan Favorit Wisatawan Australia, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan data Biro Statistik Australia (Australia Bureau of Statistics) bahwa 105.500 orang Australia berkunjung ke Indonesia per bulan. Ini memperlihatkan pariwisata di Indonesia menjadi favorit buat wisatawan Australia.

Arief Yahya dalam informasi di Jakarta, Senin (6/6/2016), menyampaikan data terbaru dari ABS (Australia Bureau of Statistics) bagi pertama kali menempatkan Indonesia sebagai jawara destinasi dari kunjungan wisatawan Australia. “Jumlah orang Australia yg piknik ke luar negeri paling banyak ke Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya wisatawan Australia, menurut data ABS itu, paling banyak berkunjung ke Selandia Baru, yg sejak lama rata-rata 99.400 orang per bulan.

“Pasti ini terkait dengan deregulasi kebijakan bebas visa kunjungan dari Australia,” ujar Arief Yahya, menduga.

BARRY KUSUMA Wisatawan berselancar di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).

Kampanye bebas visa kunjungan itu dikerjakan oleh Kementerian Pariwisata bersama Kementerian Luar Negeri serta KBRI maupun KJRI di segala Australia.

Promosi Pesona Indonesia atau “Wonderful Indonesia” melalui berbagai festival atau pameran telah dikerjakan di berbagai wilayah di Australia, selain promosi via beragam media.

Promosi pariwisata dengan tema bebas visa kunjungan, cukup efektif menggaet pasar Australia. Pemerintah telah menerapkan bebas visa kunjungan dari 169 negara bagi masuk ke Indonesia.

“Keterbukaan internasional ini telah masuk dalam salah sesuatu pilar yg dilihat oleh ‘World Tour and Travel Competitiveness Index’ sebagai salah sesuatu nilai ukur,” tuturnya.

Arief Yahya meyakini bahwa angka-angka statistik yaitu data akurat dalam pengembangan pariwisata.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan asing menaiki becak di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (15/4/2016).

“Saya terus memakai angka, tanpa angka-angka aku tak mampu mengukur. Jika tak dapat mengukur sebenarnya aku tak dapat mengatur. Karena itu angka adalah hal terpenting dalam managemen. Angka itu juga harus dikeluarkan oleh lembaga kredibel, berstandar dunia,” ujarnya.

Selain soal promosi dan bebas visa, Menpar menyebut 10 destinasi prioritas tahun ini juga menjadi magnet buat wisatawan Australia.

Apalagi tujuh dari 10 top destinasi itu memang dikemas buat wisata bahari, seperti Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Wakatobi, Kepulauan Seribu, dan Morotai. “Baharinya kuat-kuat,” tegasnya.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis meniup musik bambu Bombardom di Kampung Adat Tololela, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Wisata bahari oleh Menpar Arief Yahya dibagi tiga besar. Pertama “coastal zone” atau wisata bentang pantai. Kedua, “underwater” atau wisata bawah laut. Ketiga, “sea zone”, wisata antarpulau yg biasa dikerjakan dengan yacht, atau perahu pesiar.

“Turis Australia suka dengan tantangan di tepi pantai, dengan ombak dan surfing. Kita milik banyak spot baru, dari Banyuwangi, Mentawai dan Nias,” tambah Arief Yahya.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/06/162058727/indonesia.tujuan.favorit.wisatawan.australia
Terima kasih sudah membaca berita Indonesia Tujuan Favorit Wisatawan Australia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Indonesia Tujuan Favorit Wisatawan Australia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.