Indonesia Street Festival Hebohkan Bukit Bintang, Kuala Lumpur

Berikut artikel Indonesia Street Festival Hebohkan Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Semoga bermanfaat

Kuala Lumpur – Atraksi kesenian dalam Indonesia Street Festival di Bukit Bintang menghebohkan warga Malaysi dan turisa. Ada parade kostem sampai makanan khas Nusantara.

Acara yg dihelat di sepanjang Starhill Gallery hingga Lot 10 Shopping Center, di Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia, selama empat hari sejak Kamis (1/9) hingga Sabtu (3/9) tersebut memang menyajikan beragam konsep acara menarik, di antaranya pentas kesenian, parade kostum karnival, instalasi seni dari bambu, pentas musik tradisional-modern, hingga pameran produk kerajinan dan makanan khas Indonesia. Semua aktivasi branding tersebut memantik perhatian publik di Malaysia.

“Malaysia pasar potensial. Tahun dulu kunjungan wisman Malaysia berkontribusi 1,2 juta orang. Tahun ini sesuai target Pak Menteri kalian mulai genjot hingga 2 juta kunjungan wisman Malaysia,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata Asia Tenggara, Rizki Handayani dalam rilis yg diterima detikTravel, Minggu (4/9/2016).

Penampilan Kuda Lumping Banyuwangi yg dimainkan Paguyuban Arek Banyuwangi (PAB), misalnya, terus mengundang decak kagum para penonton yg memadati walkway depan pintu masuk Lot 10 Shopping Center. Para penonton enjoy menikmati tarian tradisional yg dibawakan dengan energik lima penari pria. Dengan berpakaian mirip prajurit dengan hiasan yg berwarna-warni, mereka kompak memainkan tarian yg dikenal juga dengan nama ‘Jaranan’.

Saat kelima penari menunggangi mainan berbentuk kuda dari anyaman bambu dan tangan kanan memegang cambuk akan berlarian, sembari sesekali membunyikan cambuk yg menghasilkan efek suara menggelar, penonton pun riuh bertepuk tangan. Kemeriahan makin tercipta karena suara musik slompret, kendang, kempul, bonang, dan gong saling bersahutan mengiringi gerak para penari.

Rombongan turis dari Yordania yg menonton mengaku terkesima dengan tarian yg dimainkan. “Traditional dance-nya menarik. Saya baru pertama kali melihatnya. Saya sangat excited,” cetus Nasser Abdullah, yg sengaja menyempatkan waktu menonton gelaran Indonesia Street Festival ketika berada di Bukit Bintang.

Senada disampaikan warga Malaysia, Yap Hin. Selama ini ia cuma sempat berkunjung ke Jakarta dan Bali saja. Ternyata, dari festival ini banyak tempat menarik yg layak dikunjungi. Ia mengaku ingin ke Pulau Komodo, setelah melihat Photo Booth komodo yg dipajang di depan pintu masuk Lot 10 Shopping Center.

“Ini (komodo) ternyata benar masih ada. Jadi ingin melihat segera ke sana,” kata Yap Hin yg mengaku bekerja di sebuah perusahaan punya pemerintah tersebut.

Masih ada dua agenda acara promosi Wonderful Indonesia yg juga menarik perhatian warga Malaysia dan wisman. Di ruang pameran di dalam Lot 10 Shopping Center, pengunjung juga terbius dengan workshop membatik yg diadakan Apip’s batik dari Jogja.

“Banyak warga Malaysia, Jordania, dan Arab Saudi, yg mampir ke booth aku buat bertanya tentang membatik. Kebetulan aku membawa perlengkapan membatik, jadi dapat segera praktik. Selain itu juga mereka membeli batik yg didisplay di sini. Yang laku kain batik yg warnanya cerah tetapi soft, elegan,” terang Hendra, seniman batik dari Apip’s Batik.

Tak ketinggalan juga workshop siluet wajah, hingga kuliner khas Indonesia, pertunjukan musik tradisional keroncong, batak, kerajinan, dan fashion show yg diminati pengunjung.

Malaysia sendiri menempati posisi kedua, setelah Singapura dan Tiongkok pada tahun 2015 dari total kunjungan wisman ke Indonesia yg mencapai 10,406.759 juta. Melalui kegiatan branding ini diharapkan wisman Malaysia mengenal destinasi yang lain selain Jakarta, Bali, Bandung, atau Jogja, yg selama ini menjadi tujuan utama. Indonesia yg multientik dan multikultur sangat banyak memiliki keindahan dan keunikan tempat wisata lain. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/04/105044/3290547/1382/indonesia-street-festival-hebohkan-bukit-bintang-kuala-lumpur
Terima kasih sudah membaca berita Indonesia Street Festival Hebohkan Bukit Bintang, Kuala Lumpur. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Indonesia Street Festival Hebohkan Bukit Bintang, Kuala Lumpur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.